Sukses

Sandiaga Uno Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program Apesiasi Kreasi Indonesia (AKI). Ia memborong minuman es dawet untuk dibagikan kepada pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program Apesiasi Kreasi Indonesia (AKI). Ia memborong minuman es dawet untuk dibagikan kepada pengunjung.

"Sebelumnya saya sudah pernah coba ini, tapi karena masih penasaran maka saya ingin borong ini semua, untuk dibagikan ke semua pengunjung di sini," ujar Sandiaga Uno di Yogyakarta, Jumat (1/7/22).

Selain itu, Sandiaga juga mendengarkan cerita dari pemilik Dawet Kemayu, Retno Intansari. Retno berkata pada Sandiaga, keuntungan penjualan es dawet digunakan untuk yayasan yatim, dhuafa dan hafidz al-Quran.

"Wah, luar biasa ya ternyata memberikan sumbangsih, juga luar biasa dampaknya bagi ekosistem dan membantu para santri," puji Sandiaga.

Ratusan gelas es dawet itu dibagikan untuk pengunjung Mall Ambarrukmo. Sandiaga berharap 'traktiran' ini bisa memancing pengunjung mall untuk membeli produk di AKI 2022.

Hal ini juga yang membuat Sandiaga Uno salut dengan Retno karena mampu menjadi pengusaha dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sandiaga menambahkan, akan mendukung pengusaha seperti Retno.

"UMKM seperti itu akan kita akan tingkatkan hak kekayaan intektualnya dan patennya, ternyata semua UMKM lokal Yogyakarta gak kalah dengan produk yang terpampang di mall besar seperti ini," kata Sandiaga Uno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaget Dagangan Diborong Sandi

Sementara itu, Retno Intansari masih tidak menyangka, dagangannya ludes diborong langsung oleh Sandiaga Uno. Ia menjelaskan, keuntungan dari penjualannya akan disisihkan ke yayasan miliknya.

Retno juga mengatakan, suatu kehormatan baginya Sandiaga memborong produk es dawetnya. Retno turut bererima kasih dan mendoakan Sandiaga.

"Kami ucapkan terima kasih Pak Sandi terus mendukung produk lokal hingga go Internasional. Semoga Pak Sandi terus sehat dan semangat, dan tidak pernah berhenti untuk support produk lokal," ujar Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.