Sukses

Anies Resmikan Gapura Chinatown Jakarta: Jadi Ikon dan Pembeda

Gubernur DKI, Anies Baswedan, meresmikan Gapura Chinatown Jakarta sebagai salah satu ikon baru Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI, Anies Baswedan, meresmikan Gapura Chinatown Jakarta sebagai salah satu ikon baru Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022). Dia mengatakan Gapura Chinatown Jakarta ini sebagai ikon dan pembeda dari Gapura lainnya.

Anies menjelaskan, Gapura Chinatown, Pecinan Glodok, Jakarta Barat yang diresmikan berwarna merah beton. Berbeda dengan Gapura China Town di berbagai belahan dunia yang umumnya berwarna merah terang dan kuning.

"Apakah sebagai ikon Jakarta, tentu. Justru ini menjadi ikon dan menjadi pembeda. Karena Gapura-Gapura Chinatown seluruh dunia di dominasi warna merah dan kuning khusus di Jakarta warnanya beton. Sehingga ini jadi pembeda dari tempat-tempat yang lain," kata Anies.

Selain itu, Anies juga menyampaikan beberapa perbedaan lainnya yang disebut menjadi keunikan yang dimiliki Gapura Chinatown Jakarta.

"Motifnya ada motif naga, ada motif awan, yang kira-kira melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari yang Maha Kuasa. Jadi, nanti ini menjadi keunikan dibandingkan tempat-tempat lain di seluruh dunia," jelas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmikan

Sebelumnya Anies meresmikan Gapura Chinatown sekitar pukul 17:05 WIB. Anies didampingi oleh rombongan tamu VIP langsung ke depan prasasti yang ditutupi dengan kain berwarna merah untuk meresmikan Gapura.

"Bapak ibu sekalian kita berada tepat di bawah Gapura ini yg proses pembangunannya dilakukan relatif cepat ya. Sekarang saya akan menyampaikan secara resmi rukunnya peresmian," kata Anies.

"Dengan rahmat Tuhan yg Maha Kuasa, Kamis, Gapura China Town Jakarta secara resmi dinyatakan dibuka."

3 dari 3 halaman

Dibangun Kembali

Dalam sambutannya, Anies juga menjelaskan bahwa Gapura Chinatown yang berumur hampir 300 tahun ini dibangun kembali persis sama seperti Gapura yang dulu sempat dihancurkan saat masa penjajahan Jepang.

Dia berharap nantinya, Gapura ini dapat menjadi pendorong kebudayaan Jakarta dan meninggalkan kesan indah bagi yang berkunjung dan beraktivitas di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan