Sukses

Maruarar Sirait Yakin Jokowi Mampu Maksimalkan Potensi SDM Bangsa

Ketua Umum Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, mengatakan Indonesia mempunyai potensi besar untuk dapat meningkatkan kompetensi SDM dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berperan strategis menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam menuju pertarungan global yang ada. Berbagai kebijakan tersebut saat ini dirasakan oleh masyarakat seperti KIP Kuliah sebagai penjamin pendidikan masyarakat hingga program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Ketua Umum Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, mengatakan Indonesia mempunyai potensi besar untuk dapat meningkatkan kompetensi SDM dalam negeri. Terutama bagi para generasi milenial yang sampai hari ini jumlahnya terus meningkat dan mendominasi.

Dia menilai hadirnya beragam potensi yang sudah dimiliki ini pastinya perlu untuk terus diperhatikan oleh sesosok pemimpin tepat. Khususnya dalam upaya pengelolaan serta pemanfaatan limpahan kekayaan alam yang lebih optimal dan menghasilkan, dan itu menurut dia dilakukan oleh Jokowi.

"Sangat yakin, kita punya potensi luar biasa. Yang kita harus punya top leader yang benar membuat kebijakan, hingga regulasi yang benar," kata Maruarar dalam Diskusi Publik Grand Design Politik dan Kepemimpinan Nasional di Universitas Indonesia (UI), Depok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Ruang Generasi Muda

Menurut dia hingga masa kepemimpinan periode kedua, Presiden Jokowi telah banyak memberikan ruang agar generasi muda dapat terus berkembang. Bahkan semakin meningkatkan kemampuan serta kompetensi setiap individu di masyarakat.

"Orang-orang yang meritokrasi diberikan ruang yang strategis di bangsa ini. Itu kuncinya," ujar Maruarar.

Dia melihat sampai sekarang, fokus Pemerintahan Presiden Jokowi tetap teguh dan tak pernah berubah. Yakni konsisten menjadikan SDM sebagai motor penggerak utama kemajuan bangsa

"Jokowi selalu konsentrasinya Sumber Daya Manusia dan saya lihat tadi pandangannya bagus ya. Tentu saya ingin adik-adik di UI jadi leader jadi contoh bisa mengatasi masalah bangsa," ucap Maruarar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Maruarar Sirait ialah seorang politikus fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
    Maruarar Sirait ialah seorang politikus fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

    Maruarar Sirait

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi