Sukses

Belum Bertemu Para Ketum Parpol, Puan: Bukan Berarti PDIP Tak Mau Kerja Sama

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya akan menjajaki kerja sama dengan partai-partai politik lainnya. Kendati hingga kini PDIP belum bertemu dengan ketua umum partai politik lain, Puan menekankan bukan berarti partainya tak mau menjalin kerja sama untuk Pilpres 2024.

"Kerja sama dengan partai lain kita akan jajaki. Jadi jangan kemudian, karena belum ketemu sama ketua umum parpol lain, (PDIP) engga mau kerja sama," kata Puan kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Menurut dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soearnoputri telah bertemu dengan semua ketua umum partai politik di Istana Kepresidenan, salah satunya saat reshuffle kabinet. Hanya saja, Puan mengakui PDIP belum mengunjungi langsung ke para ketua umum partai politik.

"Waktu di Istana kan Ibu Megawati bertemu dengan semua ketum parpol lain kan, cuma belum sempat bersilaturahmi," ujarnya.

Puan menyampaikan dirinya telah ditugaskan Megawati untuk bersilaturahmi dengan semua ketua umum partai politik. Saat ini, Puan masih mengatur waktu yang tepat untuk sowan ke masing-masing ketua umum parpol.

"Nanti saya juga ditugaskan dengan Ibu ketua umum partai sebagai Ketum DPR akan bersilaturahmi dengan semua ketua umum," jelasnya.

"Untuk membangun bangsa tidak mungkin sendiri-sendiri. Jadi kerja sama, kebersamaan, gotong royong sangat penting untuk 2024," sambung Puan.

2 dari 3 halaman

Soal Duet dengan Ganjar

Terkait wacana dirinya berduet dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Puan menuturkan bahwa hal tersebut merupakan hak prerogatif Megawati. Hal ini sebagaimana rekomendasi Rakernas II PDIP beberapa waktu lalu.

"Kemarin di Rakernas sudah disampaikan bahwa hak prerogatif menentukan bacapres atau bakal cawapres, capres dan cawapres PDI Perjuangan adalah hak prerogatif Ibu ketua umum. Tentu saja, bagaimana perhitungan itu Ibu Megawati yang menentukan," tutur Puan.

3 dari 3 halaman

Puan Maharani ungkap Ada Sejumlah Parpol Ingin Bertemu dengan PDIP

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku sudah beberapa kali dihubungi oleh sejumlah partai politik atau parpol untuk meminta bertemu dengan partainya.

Meski demikian, dia tidak mengungkapkan partai mana saja yang menghubungi untuk meminta segera bertemu dengan PDIP.

"Udah beberapa, saya sama sekjen sudah beberapa kali ditanyakan kapan ada waktunya," ujar Puan di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Ketua DPR RI ini menjelaskan, PDIP belum melakukan pertemuan dengan partai politik lantaran kondisi pandemi Covid-19 belum terkendali sebelumnya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun juga tidak diizinkan keluar rumah saat itu.

"Waktu-waktu lalu kan karena pandemi Covid-19. Jadi memang belum membuka pertemuan karena ya covid, dan bahkan ibu selalu bilang saya enggak kemana-mana," ujar Puan.

Karena kondisi pandemi Covid-19 sudah terlihat melandai, Puan menyebut akan mulai melakukan pertemuan untuk penjajakan dengan partai politik.

"Ke depan Insyaallah Covid-19 melandai kita jajaki pertemuan tersebut," kata Puan.