Sukses

Berasal dari Profesional, Erick Thohir Dinilai Bisa Masuk ke Semua Capres

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai Erick Thohir sebagai figur yang bisa masuk dan berduet dengan semua Capres.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai Erick Thohir sebagai figur yang bisa masuk dan berduet dengan semua Capres. Sebab, sosok Menteri BUMN itu datang dari kalangan profesional.

"Ini kelebihan Erick Thohir. Ia dapat masuk ke semua capres karena identitasnya yang berangkat dari sisi profesional, publik akan lihat dari sisi kinerja, bukan soal nasionalis atau religius yang selama ini menjadi magnet capres-cawapres," ujar Dedi dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Dedi menambahkan, bagi elite atau pemilih Parpol, Erick Thohir cukup menarik. "Tetapi bagi publik perlu diuji tingkat penerimaannya. Dalam catatan IPO, Erick Thohir cukup berhasil masuk jajaran 10 nama potensial meskipun memang di tataran rendah".

"Setidaknya, Erick Thohir jauh lebih baik dari daftar tokoh sesama di kabinet dari kalangan profesional," tambahnya.

Ketika ditanya lebih jauh mengenai pasangan yang tepat, Dedi menyebut nama Puan Maharani, putri Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

"Puan Maharani bisa menjadi pilihan terbaik. Satu sisi Puan menjadi tokoh perempuan satu-satunya yang mengemuka. Sisi lain dengan porsi suara PDIP di parlemen," terang Dedi.

"Erick Thohir tidak perlu risau dengan dukungan partai lain. Puan juga memungkinkan memikat pemilih perempuan yang saat ini mayoritas, sementara Erick Thohir menjadi dongkrak untuk kelompok sisanya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cawapres Terkuat di Jatim

Erick Thohir memuncaki elektabilitas bursa calon wakil presiden (cawapres) di Jawa Timur (Jatim). Menteri BUMN itu menyisihkan nama-nama politisi kawakan asal Jatim.

Hal tersebut dilihat berdasarkan survei Poltracking Indonesia yang dilaksanakan dengan tatap muka pada 16-22 Mei 2022. Dalam survei tersebut Erick Thohir berada puncak dengan elektabilitas 14.2 persen.

“Dalam simulasi 15 nama calon wakil Presiden Indonesia, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas sebesar 14,2 persen. Diikuti Khofifah 13,7 persen,” terang Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi pada Rabu (22/6/2022).

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Elektabilitas Naik

Tanda-tanda melejitnya elektabilitas Erick Thohir sedianya sudah terlihat jelas melalui berbagai hal. Erick Thohir memiliki kompetensi dan potensi untuk bisa bersaing meraih simpati masyarakat.

“Kami melihat momentum naiknya elektabilitas Bapak Erick Thohir hanya menunggu waktunya saja. Banyak tanda yang menunjukkan Bapak Erick Thohir memiliki potensi memenangi kandidasi untuk bisa maju pada Pilpres 2024,” ujar Koordinator 10 Simpul Relawan Jokowi Jatim, Fahmi Ismail.

Selain itu, naiknya elektabilitas Erick Thohir dalam survei bursa kandidasi juga tidak lain berkat restu masyarakat.

Antusiasme masyarakat Jatim terlihat saat Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf 2019 tersebut turun ke lapangan sebagai perwakilan pemerintah pusat dan juga menteri andalan Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.