Sukses

Jokowi Akan Bertolak ke Ukraina dan Rusia, Komisi I DPR: Harus Kita Dukung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan bertolak ke Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia dalam waktu dekat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan bertolak ke Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia dalam waktu dekat ini.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengaku mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang berencana akan menemui Presiden Rusia dan Ukraina untuk misi perdamaian dan kemanusiaan.

"Keberangkatan Presiden ini harus didukung bersama dan semoga Indonesia akan kembali memainkan peran signifikan dalam ikut serta menjaga perdamaian dunia, karena perang ini membawa dampak negatif bagi kita semua," kata Sukamta dalam keterangannya, Jumat, (24/6/2022).

Sukamta mengatakan, akibat perang ini puluhan ribu warga sipil tewas dan jutaan warga Ukraina menjadi pengungsi.

Selain itu, dampak perang juga dirasakan oleh negara berkembang dan berpenghasilan rendah. Di mana harga barang-barang semakin mahal bahkan di beberapa negara inflasi meningkat tajam.

"Negara-negara Afrika sangat terpengaruh oleh krisis akibat perang ini. Harga gandum, minyak goreng, bahan bakar, dan pupuk, semakin melonjak," ucapnya.

Kemudian, kata dia, konflik ini juga berdampak pada meningkatnya ancaman krisis pangan dan energi global Karenanya, Indonesia juga penting untuk membawa misi tentang pangan dan energi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Dibekali Helm hingga Rompi Antipeluru

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pun menyiapkan pengamanan ekstra ketat mengingat kunjungan dilakukan di tengah situasi perang.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo memastikan keamanan Presiden Jokowi berada di tingkat tertinggi. Menurut dia, Paspampres akan dilengkapi alat pelindung diri khusus mulai dari helm hingga rompi antipeluru yang melekat. 

“Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm, rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana, kita juga sudah siapkan semuanya,” kata Budi kepada awak media saat dikonfirmasi, Kamis (23/6/2022). 

Bahkan bila diperlukan, kata dia, nantinya peralatan pelindung diri tersebut juga akan dikenakan Presiden Jokowi saat berkegiatan.

“Semua. Semua delegasi yang akan ikut kita siapkan (helm hingga rompi antipeluru),” ucap Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Ukraina