Sukses

Kapolri Sampaikan Pesan untuk Pemilu 2024: Hilangkan Sifat Polarisasi dan Perpecahan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka tahapan awal Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka tahapan awal Pemilu 2024.

Menurut dia, Polri sudah bertemu dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk berkordiasi.

"Kita sudah bertemu rekan KPU dan Bawaslu tentu kordinasi awal, penyiapan apa yang perlu kita bantu kepada KPU yang sedang melaksanakan tahapan administrasi," kata Sigit di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Sigit merinci, sudah banyak yang dibicarakan, khususnya soal kemanan dan persiapan anggota polisi untuk memastikan kegiatan Pemilu berjalan lancar.

Selain itu, pesan paling penting yang akan disampaikan Polri dalam Pemilu 2024 adalah mencegah timbulnya pembelahan di masyarakat.

"Kita selalu sosisalisasikan persatuan dan kesatuan, hilangkan yang bersifat polarisasi dan pecah belah persatuan kesatuan karena tujuan berpolitik untuk mencari pemimpin dengan cara baik dan positif. Kita ingatkan agar jaga semangat persatuan kesatuan," kata Sigit.

Diberitakan sebelumnya, gelar tahapan awal Pemilu 2024 sudah resmi dimulai pada 14 Juni 2024.

Seremoni pembukaan dilakukan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari di Markas KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Terus Dievaluasi

Hasyim memastikan jalannya pesta demokrasi 2024 akan terus dievaluasi. Dia menyadari, KPU masih memiliki kelemahan dan kesalahan.

Karenanya, dengan dimulainya tahapan awal Pemilu ini, dia meminta secara bersama saling mendoakan agar semua berjalan lancar.

"Maka sebelum kita bersama-sama memulai tahapan Pemilu ada baiknya kita beristighfar kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya memudahkan langkah-langkah kita dan juga kita berserah diri setelah ikhtiar dengan kuat dengan mohon doa," munajat Hasyim.

Usai menanjatkan doa, rangkaian acara lalu ditutup dengan penekanan tombol start secara bersama oleh seluruh komisioner KPU dengan didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Mendagri Tito Karnavian.

Dengan demikian, tahapan awal Pemilu 2024 resmi dimulai.

 

3 dari 3 halaman

Adakan Fun Bike

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit membuka secara resmi giat fun bike Bhayangkara di Lapangan Mabes Polri Jakarta.

Menurut dia, tujuan utama dari acara sepeda yang melibatkan seluruh matra TNI ini adalah untuk mensinergikan soliditas jelang Pemilu 2024 dan Presidensi G20.

"Giat ini semangat kita untuk meningkatkan soliditas yang telah kita jalin karena banyak sekali agenda nasional. Giat ini juga bentuk upaya kita untuk terus menjaga soliditas dari kita semua, rekan TNI, media dan masyarakat," kata Sigit di lokasi, Minggu (19/6/2022).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga dihadirkan sebagai rangkaian HUT Bhayangkara atau Polri pada 1 juli mendatang.

Kemudian, bersepeda juga bisa menimbulkan efek positif pada lingkungan dan kesehatan hingga sektor ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.