Sukses

PDIP Sebut Belum Lihat Sinyal Jokowi Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, pada Sabtu 21 Mei 2022. Dalam kesempatan itu dia sempat menyinggung soal sosok Capres di Pemilu 2024.

Saat menyinggung hal tersebut, ucapan Jokowi itu pun langsung disambut meriah dan tepuk tangan seluruh relawan Projo yang hadir dengan teriakan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Terkait hal itu, Politikus PDIP Masinton Pasaribu tidak melihat sinyal Presiden Jokowi mendukung Ganjar sebagai Capres 2024.

"Kemarin kan enggak deklarasi, enggak ada deklarasi apa-apa. Enggak menyebut nama siapa-siapa," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Masinton pun mengaku tidak melihat ada deklarasi calon presiden yang dilakukan oleh Projo dalam Rakernas tersebut.

"Di acara itu disebutkan ya dukung mendukung lah. Jangan buru-buru yang kita dukung ada di sini. Kalau saya memaknai, yang ada di situ kan ada pak Wantimpres, ada pak Moeldoko, ada pak Ganjar, dan ada pak Jokowi. Ya saya nggak tahu mau dukung apa," kata anggota DPR RI ini.

Sementara PDIP belum memutuskan siapa yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Keputusan memilih capres yang akan didukung berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

PDIP juga ada forum resmi untuk membahas calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung, misalnya Rakernas partai.

"Yang jelas kalau PDIP forumnya nanti bulan 6 (Juni) mau ada Rakernas," kata Masinton.

 

2 dari 4 halaman

Projo Teriak Nama Ganjar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). Dia pun meminta relawan Pro Jokowi (Projo) tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan politik, meski pilihannya hadir di acara tersebut.

Dalam acara itu, hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ucapan Jokowi itu pun langsung disambut meriah dan tepuk tangan seluruh relawan Projo yang hadir.

"Urusan politik itu jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini. Sudah dibilang, jangan tergesa-gesa. Ini mau tergesa-gesa ini kelihatannya," kata Jokowi saat menyampaikan pidatonya, Sabtu.

"Pak Ganjar presiden. Pak Ganjar untuk 2024. Maju terus Pak Ganjar," teriak relawan Projo merespons ucapan Jokowi.

Jokowi menyampaikan akan mengumpulkan seluruh relawan pendukungnya dalam rapat tingkat nasional yang lebih besar. Hal itu dilakukan untuk menyerap aspirasi soal tokoh politik yang didukung.

"Jangan sampai, kalau kita ini enggak satu saya pun nanti memutuskan akan bertanya pada saudara semua. Tidak saya putuskan sendiri, saya bukan tipikal seperti itu. Saya akan tanya ketuanya dulu calon kita siapa" jelasnya.

Dia ingin menekankan bahwa relawan pendukungnya masih solid dan masih satu tujuan. Jokowi menyebut relawannya sebagai sebuah kapal besar.

"Saya akan tunjukkan di tingkat dengan pertemuan besar di tingkat nasional, bahwa kita ini masih solid kita ini masih satu dan masih semangat. Karena yang kita miliki ini adalah kapal besar, bukan kapal kecil," tutur Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Pastikan Ajak Relawan Diskusi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan akan mengajak para relawannya berdiskusi dalam menentukan dukungan di Pilpres 2024.

Dirinya dan relawan berharap memiliki satu suara terkait sosok yang didukung.

"Jangan sampai, kalau kita ini enggak satu. Saya pun nanti memutuskan pun pasti akan bertanya kepada bapak/ibu saudara-saudara semuanya," kata Jokowi saat berpidato di Rakernas V Pro Jokowi (Projo) di Magelang Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Dia berjanji tidak akan memutuskan sendiri sikap politik di Pilpres 2024. Jokowi akan mendengar aspirasi serta meminta pertimbangan dari seluruh organ relawannya.

"Tidak saya putuskan sendiri, tidak. Saya bukan tipikal seperti itu. Saya akan tanya ketuanya dulu, gimana pak ketua, calon kita siapa," ujarnya.

"Kroscek ke bawah yang relawan paling bawah yang ada di desa, di kampung. Saya tanya bagaimana bapak ibu siapa ini siapa. Pasti akan saya tanyakan seperti itu seluruh organ relawan yang kita miliki," sambung Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Gelar Pertemuan

Nantinya, dia akan menggelar pertemuan besar dengan para relawannya untuk membahas sikap politik di 2024. Jokowi juga ingin menunjukkan bahwa relawannya masih solid.

"Saya akan menunjukkan dengan pertemuan besar di tingkat nasional. Saya tunjukan bahwa kita ini masih solid, kita satu dan kita masih semangat," tuturnya.

Untuk itu, Jokowi meminta relawannya tak tergesa-gesa soal dukungan di Pilpres 2024. Terlebih, hingga kini belum ada partai politik yang mengumumkan sosok yang akan menjadi capres di 2024.

"Sekali lagi, jangan tergesa-gesa. Karena dinamika politik sekarang ini juga masih belum jelas. Benar enggak? Partai apa mencalonkan apa belum jelas," jelas Jokowi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com