Sukses

Hadapi Pemilu 2024, PDIP: Siapkan Stamina Untuk 2024

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Pemilu 2024, PDI Perjuangan (PDIP) menyiapkan beerbagai persiapan diantaranya kesegaran fisik, kesiapan mental dan disiplin dengan taat kepada aturan main.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan usai senam Sicita di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2022).

"Olahraga mengajarkan kepada kita untuk disiplin pada waktu, disiplin kepada aturan main, disiplin pada tata gerak sehingga ketika tata gerak itu dilakukan dengan baik seluruh urat nadi kita, seluruh aliran darah di dalam jiwa kita saudara-saudara sekalian, maka itu akan mengalir dan kemudian di dalam aliran itu ada suatu rasa cinta kepada tanah air kepada bangsa dan negara," kata Hasto.

Menurutnya olah raga harus dijadikan kebiasaan bagi PDIP agar bisa bergerak bersama rakyat. "Karena itulah jadikan ini sebagai kebiasaan kita, ini sebagai habituasi kita agar PDI Perjuangan senantiasa kokoh di dalam bergerak di tengah-tengah rakyat, bergerak di tengah-tengah rakyat pun sehat," kata Hasto.

Menurutnya, olahraga juga menjadi satu kesatuan dengan ajaran Bung Karno ketika mengeluarkan buku Mustika Rasa. Di dalam buku Mustika Rasa itu pentingnya menjaga kesehatan di tinjau dari asupan gizi. Dari asupan makanan yang sehat, makan secukupnya tetapi mengandung diversifikasi pangan yang menyehatkan.

"Ibu Ketua Umum menaruh perhatian terhadap persoalan ini saudara-saudara sekalian. Karena itulah mensana in corpore sano di dalamnya juga mengandung semangat bagaimana Mustika Rasa yang di dalamnya mengandung asupan gizi yang cukup bagi rakyat untuk menjadi pedoman kita bersama-sama sehingga kita menjadi sehat. Terus membangun stamina untuk Pemilu 2024 dan ini yang kita persembahkan untuk rakyat Indonesia saudara-saudara sekalian," pungkas Hasto.

2 dari 3 halaman

PDIP: Banyak Partai Mau Gabung, Siapa yang ke Teuku Umar Itu Sinyal

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Junimart Girsang menyatakan telah banyak partai politik merapat ke PDIP atau ingin berkoalisi untuk Pilpres 2024.

"Partai-partai kan banyak mau gabung dengan PDIP," kata Junimart di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (17/5/2022).

Junimart menyebut salah satu sinyal pendekatan partai politik ke PDIP adalah saat petinggi partai politik menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Teuku Umar, Jakarta.

"Pasti banyak, kan tahu siapa yang ke Teuku Umar, itu sinyal," kata dia.

Sementara itu terkait sudah terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu, Wakil Ketua Komisi II itu menyebut PDIP tidak perlu buru-buru mengumumkan koalisi. Sebab, PDIP bisa mengusung capres sendiri meski tanpa berkoalisi.

"PDIP itu tidak perlu umumkan koalisi, PDIP sudah bisa mengusung, itu saja dipahami. Maka PDIP itu partai yang betul-betul siap dengan pesta demokrasi," kata dia.

Apabila nanti waktunya, suara PDIP terkait koalisi hanya akan diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. "Koalisi urusan Ibu Ketum bukan urusan kita, kita hanya ikut tegak lurus saja," pungkas Junimart.

3 dari 3 halaman

Prabowo Sowan ke Rumah Megawati

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, bertandang ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022).

Prabowo langsung disambut oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan politisi senior PDIP yang juga MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Prabowo langsung bertemu Megawati. Mereka saling menghaturkan permohonan maaf di momen Idulfitri 2022. Pertemuan berlangsung satu jam lebih. Terlihat hangat dan cair.

Mereka duduk berdekatan. Anak bungsu yang juga Ketua DPR, Puan Maharani dan anak keduanya Prananda Prabowo ikut menemani. Tampak juga sosok Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga terlihat.

Sementara Prabowo didampingi anak semata wayangnya Didit Hediprasetyo. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo juga ikut berbincang.

Makanan khas lebaran sudah disiapkan Megawati. Menteri Pertahanan itu dipersilahkan untuk makan terlebih dahulu. Berjejer masakan yang dimasak sendiri Presiden ke-5 itu. Mulai dari ketupat, opor, sayur hingga udang.

Setelah menyantap masakan buatan Megawati, mereka lanjut berbincang. Tidak ada perbincangan rencana politik 2024 dan duet Prabowo-Puan. Kata Eriko berbicangan diwarnai dengan gelak tawa. Tidak hanya itu, mereka saling bercerita tentang perjuangan satu sama lain di lapangan.

"Tidak ada perbincangan mengenai kepada politik," kata Eriko.