Sukses

Selain Ridwan Kamil, Ketum PAN Juga Dekat dengan Anies dan Ganjar

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PAN, Saleh Daulay, mengatakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tidak hanya dekat dengan Ridwan Kamil. PAN juga dekat dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sampai Gubernur Jawa Tengah.

Hal ini menanggapi pertemuan Ridwan Kamil dengan Zulkifli Hasan pada Minggu (15/5). Namun, apakah PAN akan mengusung Ridwan Kamil pada Pilpres 2024? Koalisi perlu membahasnya dengan Golkar dan PPP.

"Baik formal maupun informal, Ridwan Kamil sering ketemu dengan kita pengurus, terutama ketum bang Zulhas. Tetapi untuk menentukan RK itu diusung atau tidak itu tidak bisa sendiri-sendiri, jadi akan diusung bersama-sama dan PAN itu selain dekat dengan RK, kita juga dekat dengan calon lain," kata Saleh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5).

Saleh mengatakan, PAN juga dekat dengan Anies. Salah satu momen yang terekam adalah ketika Zulhas salat Idulfitri bersama di Jakarta Internasional Stadium.

"Kita juga sangat dekat dengan Anies. Kemarin saat salat idul fitri saja bang Zul sama di JIS. Dan itu menunjukkan kedekatan luar biasa. Dan itu ada banyak pertemuan juga antara Anies Baswedan dan bang Zul yang tidak kami publikasikan dan tidak perlu dipublikasikan," kata Saleh.

2 dari 3 halaman

Dekat dengan Ganjar

Dengan Ganjar pun, klaim Saleh juga dekat secara kekeluargaan, sosial dan politik. Juga PAN dekat dengan tokoh-tokoh lain punya elektabilitas sebagai capres yang mumpuni.

"Untuk berbicara soal kekeluargaan, sosial, politik, begitu juga dengan Ganjar kita dekat, terutama dengan tokoh politik lainnya yang saya kira punya elektabilitas cukup dan bisa jadi pertimbangan calon pemimpin nasional," katanya.

"Tapi untuk saat ini belum masuk tahap itu. Belum masuk tahap apakah kita menentukan calon atau belum," sambung anggota Komisi IX DPR RI ini.

3 dari 3 halaman

Terbuka

PAN pun masih terbuka bagi tokoh lain yang ingin maju sebagai calon presiden. PAN belum secara proaktif menjajaki dengan tokoh-tokoh.

"Sebetulnya kan kalau disebut penjajakan kami yang proaktif menjajaki. Belum juga ke arah situ. Tapi orang di luar sana ingin menjajaki kita ya. silakan terbuka. Kita terbuka, enggak ada yang tertutup," kata Saleh.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com