Sukses

Relawan Gencar Sosialisasikan Dukungan Untuk Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

Relawan Teman Sandi terus mensosialisasikan dukungan untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, agar maju di pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Teman Sandi terus mensosialisasikan dukungan untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, agar maju di pilpres 2024. Terakhir, relawan mensosialisasikan Sandi di Semarang.

Ratusan emak dan pengemudi becak di Semarang melakukan deklarasi dukungan untuk Sandiaga Uno maju dalam Pilpres 2024. Deklarasi dukungan tersebut dilakukan oleh kelompok Relawan Teman Sandi disertai beragam aksi sosial lainnya.

Ragam aksi sosial Teman Sandi bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, mengajak masyarakat hidup sehat serta mengajak para millenial lebih aktif dan kreatif dengan berbagai aktifitas yang bermanfaat.

Jalan sehat menjadi kegiatan pertama yang dilaksanakan di Halaman Masjid Desa Wonoplumbon, Kota Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang masing-masing mendapatkan kaos Teman Sandi. Rute perjalanan dimulai dari masjid sebagai lokasi utama, memutari desa dan kembali lagi ke masjid.

Di samping itu, Teman Sandi juga memberikan ratusan bantuan berupa sembako yang diserahkan kepada warga Kel. Wonoplumbon. Terlihat warga sangat senang menerima bantuan dari Teman Sandi. Taklupa, warga menerangkan bahwa akan mengawal Bapak Sandiaga Uno menuju pilpres 2024 nantinya.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di TK DK. Wonoyoso, Wonoplumbon, Mijen, Kota Semarang. Teman Sandi mengajak warga, khususnya perempuan untuk mengikuti lomba masak makanan khas Lumpia dengan tujuan untuk kembali mengenalkan makanan khas dari daerah tersebut agar tetap dikenal di kalangan masyarakat. Lomba ini diikuti oleh puluhan tim yang terdiri dari 2 orang dalam 1 tim dengan 3 pemenang.

Berlanjut ke Semarang Kota Pasar Bulu, relawan Teman Sandi melaksanakan kegiatan konvoi becak. Konvoi becak ini dimulai dari pasar Bulu sampai Kali Banteng. Tidak hanya konvoi saja, Teman Sandi juga turut membagikan kaos dan puluhan paket sembako kepada tukang becak.

Kegiatan diakhiri dengan lomba Futsal yang dilaksanakan di Goldon Krapyak, Kota Semarang. Lomba ini bagi menjadi 3 sesi yang setiap sesinya diikuti oleh 8 tim. Dari setiap sesi akan ada 3 juara yang akan mendapatkan hadiah dari Teman Sandi.

Lomba futsal ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari kaum millennial yang berbakat dalam permainan futsal. Dengan lomba ini, para millennial diharapkan dapat mengasah bakat serta mengembangkan mereka.

“Saya yakin, dengan lomba ini bakat para millennial akan lebih berkembang sportifitas ke depannya, khususnya dalam bidang olahraga (futsal),” tegas M. Santoso, Ketua DPD Jawa Tengah, dalam keterangannya Sabtu (14/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Desakan Mundur

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno angkat bicara mengenai permintaan berbagai petinggi parpol, agar para menteri yang berniat maju pada Pilpres 2024 segera mundur dari posisinya.

Sandiaga Uno menyebut posisi menteri merupakan wewenang penuh dari Presiden Joko Widodo.

“Jabatan menteri itu prerogatif presiden, tentunya presiden nanti yang akan menentukan jabatan menteri. Beliau juga yang akan memastikan ini demi kepentingan nasional dan manayan bisa memberikan dampak terbaik, itu murni hak prerogatif presiden,” kata Sandiaga di Istana Wakil Presiden, Kamis (12/5/2022).

Sandiaga mengaku sepakat dengan perintah Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin agar seluruh menteri fokus bekerja.

“Saya sepakat ya, dan itu jelas sekali arahan presiden dan itu tadi diperkuat dan digaris bawahi oleh abah, bahwa kita fokus di tugas dan fungsi. Ini krusial karena kita masuk di periode kebangkitan momentum kepulihan pandemi, jangan sampai kita akhirnya miss fokus,” ucap Sandiaga Uno.

3 dari 3 halaman

Siap Mundur Jika Jadi Diusung

Meski demikian, terkait kemungkinan dirinya diusung menjadi Capres atau Cawapres saat masih menjabat menteri, Sandiaga menyatakan siap mundur seperti saat Pilpres 2019 dirinya mundur dari posisi Wagub DKI Jakarta saat akan mendaftar sebagai Cawapres bersama Prabowo Subianto.

“Saya pernah lead by example ya, kalau teman-teman lihat waktu wagub, tidak ada ketentuan wakil gubernur mundur, saya mundur karena saya commit soal ini. Tapi saat ini, ini hak prerogatif presiden dan saya menjalankan fungsi dan tugas di Kemenprekraf sesuai dengan amanah dari beliau,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.