Sukses

Jokowi Bakal Hadiri Kongres AS Hingga Bertemu Joe Biden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri sejumlah rangkaian acara KTT Khusus ASEAN-AS pada kunjungan hari ketiganya di Washington DC Amerika Serikat (AS), Kamis, (12/5/2022). Salah satunya, dia akan bertemu Presiden AS Joe Biden.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri sejumlah rangkaian acara KTT Khusus ASEAN-AS pada kunjungan hari ketiganya di Washington DC Amerika Serikat (AS), Kamis, (12/5/2022). Salah satunya, dia akan bertemu Presiden AS Joe Biden.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi akan mengawali agendanya dengan menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products Seifi Gashemi.

Setelah itu, dia dijadwalkan bertolak ke Capitol Hill untuk menghadiri jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS (Speaker) Nancy Pelosi dan anggota Kongres AS.

Jokowi dan para pemimpin ASEAN lainnya juga direncanakan akan menghadiri pertemuan dengan para pengusaha besar AS selepas jamuan santap siang.

Mengakhiri agendanya pada Kamis hari ini, Jokowi diagendakan menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden. Pertemuan akan dilakukan di Gedung Putih.

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klarifikasi Kemenlu Soal Jokowi Tak Disambut Petinggi AS

Kementerian Luar Negeri RI melalui juru bicaranya, Teuku Faizasyah mengklarifikasi kabar Presiden Joko Widodo yang tak disambut oleh pejabat tinggi saat tiba di Amerika Serikat.

"Penerimaan kepala negara dapat perlakuan yang sama, oleh pejabat senior protokoler Kemlu AS," ujar Teuku Faizasyah dalam press briefing, Kamis (12/5/2022).

"Jangan hal itu dirisaukan dan kami menyayangkan kalau soal protokoler jadi isu yang diangkat," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Bahas Sejumlah Hal

Mengutip situs ASEAN,org, dalam ASEAN-US Special Summit para Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk respons COVID-19 dan keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, dan hubungan people-to-people, serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi.

Selain itu, juga disebutkan bahwa mereka juga akan bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

KTT Khusus ini juga akan menegaskan kembali komitmen bersama untuk menegakkan Sentralitas ASEAN dan persatuan melalui mekanisme yang dipimpin ASEAN, serta untuk menumbuhkan rasa saling percaya dan percaya diri untuk memelihara perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah.

ASEAN dan Amerika Serikat Akan Mengadakan KTT Khusus di Washington D.C. pada 12-13 Mei 2022

"Sebagai Ketua ASEAN, Kamboja ingin mengumumkan bahwa ASEAN dan Amerika Serikat akan mengadakan KTT Khusus untuk merayakan Hubungan Dialog 4,5 dekade ASEAN-AS, pada 12-13 Mei 2022, di Washington D.C," demikian dikutip dari situs ASEAN.org.

Ini adalah KTT Khusus kedua sejak 2016 dan yang pertama melibatkan secara langsung para pemimpin ASEAN sejak 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.