Sukses

Gerindra Bantah Safari Lebaran Prabowo Subianto Terkait Urusan Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal safari yang dilakukan Ketua Umumnya Prabowo Subianto dengan sejumlah tokoh saat Lebaran.

Menurut dia, tak ada agenda politik terlebih urusan akan Pemilu 2024 terkait safari Lebaran yang dilakukan oleh Prabowo.

Dasco menyebut, apa yang dilakukan oleh pria yang kini duduk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) itu hanya halal bihalal dan silaturahmi Lebaran saja.

"Bahwa itu ditafsirkan oleh beberapa pihak melakukan kegiatan politik, saya pikir, untuk pilpres misalnya itu masih terlalu dini karena yang dilakukan hanya memang halal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri," kata dia pada wartawan, Senin (9/5/2022).

Dasco mengklaim pertemuan yang Prabowo lakukan dengan para ulama, murni dalam rangka menyambung tali silahturahmi. Menurutnya, itu adalah tradisi yang baik, terlebih saat hari raya Lebaran.

"Kunjungan Pak Prabowo itu ke tokoh-tokoh, ke alim ulama, itu adalah dalam rangka halal bi halal silaturahmi Hari Raya Idul Fitri dan itu kami pikir adalah tradisi yang bagus untuk dilakukan apda saat hari raya," kata dia.

Sementara terkait pertemuan Prabowo dengan Megawati Soekarnoputri, Dasco menyebut pertemuan itu lantaran Prabowo menghormati Megawati sebagai tokoh senior.

"Kalau ke Bu Mega itu lebih karena Pak Prabowo menghargai Bu Mega sebagai yang lebih tua dan selama ini hubungan baik sehingga ya dilakukan silaturahmi Lebaran sebelum ke tokoh-tokoh lain ke Bu Mega dulu," kata dia.

 

2 dari 5 halaman

Temui Sri Sultan Hamengkubuwono X

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kunjungan Prabowo ini dalam rangka silaturahmi Lebaran sekaligus halal bihalal. Adapun dia didampingi sejumlah petinggi Partai Gerindra dan sejumlah Purnawirawan Jenderal TNI.

Prabowo pun disambut oleh Sultan Yogyakarta dan istrinya, GKR Hemas di pintu masuk Keben, Keraton Yogyakarta.

Prabowo terlihat mengenakan pakaian atasan putih dan celana hitam. Sementara Sultan Yogya dan GKR Hemas mengenakan busana batik.

"Di hari libur ini saya mengisi kegiatan dengan kunjungan-kunjungan ke beberapa sahabat lama saya di Yogyakarta, salah satunya dengan Bapak Sultan dan Ibu Ratu Hemas," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

Prabowo mengaku tidak ada pembicaraan politik terkait pertemuan ini. Hal senada juga disampaikan Sultan, pertemuannya dengan Prabowo sebatas silaturahmi lebaran.

"Saya terimakasih kepada Pak Prabowo karena berkenan berkunjung ke Yogyakarta. Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi," kata Gubernur Yogyakarta itu.

 

3 dari 5 halaman

Prabowo Subianto Lebaran ke Gus Najih

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan silaturahmi Lebaran, yang kali ini menuju Jawa tengah, Kamis (5/5/2022).

Adapun pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengunjungi pondok pesantren Al-Anwar Rembang untuk bertemu dengan Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen.

Setelah saling menyapa, Prabowo masuk ke dalam ruang tamu. Tak lama berselang, Dia pun dituntun untuk ikut masuk ke dalam kamar Mbah Moen.

Rasa haru Prabowo tak terbendung mengenang perjumpaannya dengan almarhum Mbah Moen. Terlihat menetes air mata Prabowo saat berdoa di dalam kamar itu.

"Pak Prabowo sempat meneteskan air mata saat berdoa di kamar. Saya bertanya kenapa? lantas Pak Prabowo menjawab, saya menganggap Mbah Moen seperti ayah saya sendiri," ungkap Gus Najih dalam keterangannya.

Gus Najih mengatakan, keluarga besar Mbah Moen sangat berterimakasih kepada Prabowo yang telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Ponpes Al-Anwar Rembang.

"Saya mewakili keluarga besar Mbah Moen sangat berterimakasih kepada Pak Prabowo yang telah menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dan ikut menbantu pembangunan fasilitas pondok," jelas Gus Najih.

Dalam kesempatan itu, Prabowo pun mengakui menunggu momentum seperti ini.

"Ya saya juga terimakasih sudah diterima oleh keluarga Mbah Moen, sangat ramah, ini adalah momentum suasana lebaran dengan sahabat-sahabat lama yang sudah saya nantikan," kata dia

 

4 dari 5 halaman

Sempat di Jatim

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan silaturahmi Lebaran di Jawa Timur.

Kali ini bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Setiba di lokasi, Prabowo disambut langsung oleh pimpinan ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Keduanya melakukan pertemuan tertutup.

Prabowo menegaskan, momen libur Lebaran ini dimanfaatkannya dengan mengunjungi para sahabatnya.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya," ujar Prabowo dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Menurut Prabowo, adapun yang dibahas adalah hal yang ringan. Dia tak mengindikasikan membahas politik.

"Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," ungkap Prabowo.

 

5 dari 5 halaman

Nyekar ke Makam Gus Dur

Setelah melakukan pertemuan, Prabowo bersama rombongan dan Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kepada awak media, pria yang juga duduk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) mengaku dekat dengan Gus Dur.

Bahkan, Prabowo mengungkapkan bahwa dirinya adalah tukang pijat almarhum Gus Dur. Sehingga dia menegaskan tak perlu disangsikan kedekatannya dengan Gus Dur.

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijat beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo.