Sukses

Nasdem Kantongi Sejumlah Nama Bakal Capres 2024, Siapa Saja?

Partai Nasdem mengantongi sejumlah nama untuk diproyeksikan menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem mengantongi sejumlah nama untuk diproyeksikan menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024. Nama-nama yang ada, akan diajukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem pada Juni 2022.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta Nasdem A Effendy Choirie mengungkapkan, nama Erick Thohir, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo diproyeksikan menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024.

"Muncul juga nama Erick Thohir. Terus muncul juga nama Ganjar," kata Effendy kepada wartawan dikutip Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, kader Nasdem mengusulkan sejumlah nama capres atau cawapres yang sudah masuk dari berbagai hasil survei. Kader Nasdem kader di DKI Jakarta dan Banten mengusulkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

"Tapi ya itu tadi, bukan hanya Anies, aspirasi dari masyarakat nama-nama itu muncul, ada Erick Thohir, ada Ganjar juga," ujar pria akrab disapa Gus Choi ini.

Sementara, Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni mengungkapkan nama-nama yang masuk radar Nasdem. Mereka adalah Prabowo Subianto, Puan Maharani, Anies Baswedan, Andika Perkasa, Erick Thohir, Ridwan Kamil, hingga Khofifah Indar Parawansa.

"Ada nama-nama hebat. Pak Prabowo, Bu Puan, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Andika, Pak Erick, Pak Ridwan Kamil, Bu Khofifah," ungkap Sahroni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasdem Akan Serahkan 3 Nama ke Surya Paloh soal Capres 2024 di Rakernas

Partai Nasdem akan menyerahkan tiga nama yang akan diusung menjadi calon presiden yang akan berlaga di Pemilu 2024 ke Ketua Umunnya Surya Paloh.

Adapun penyerahkan Capres 2024 itu akan diserahkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem yang rencananya akan diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 15-17 Juni 2022.

"Rakernas nanti kita akan merekomendasikan tiga nama capres kepada Pak Surya," kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya dalam sambungan telepon, Selasa (3/5/2022).

Menurut dia, nanti Surya Paloh akan memilih salah satu nama untuk menjadi Capres yang akan diusung oleh Nasdem untuk berlaga di Pemilu 2024.

Meski demikian, Willy masih enggan membeberkan siapa ketiga kandidat capres yang akan diberikan ke Surya Paloh tersebut.

Bahkan, lanjut dia, selain teknis soal pemilihan Capres 2024, Surya Paloh juga yang akan menentukan siapa yang diajak untuk berkoalisi dan bergabung untuk bisa berlaga di Pemilu 2024.

"Nanti akan diserahkan ke Pak Surya. Pak Surya yang menentukan siapa yang akan beliau pilih, dan teknis waktu nanti kita serahkan ke Pak Surya, karena sekaligus juga membangun koalisi pengusung," kata Willy.

 

3 dari 4 halaman

Nasdem Jabar Sodorkan Nama Anies Baswedan Sebagai Capres 2024

Partai NasDem berencana akan menyerahkan tiga nama sebagai calon presiden (Capres) yang akan diusung di Pemilu 2024 ke Ketua Umumnya Surya Paloh.

Adapun rencana penyerahan nama itu akan dilakukan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem di Jakarta pada 15-17 Juni 2022 mendatang.

Meski demikian, DPW Partai NasDem Jawa Barat menyebut sudah memiliki nama yang akan diserahkan ke Surya Paloh. Adapun nama yang dimaksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan dimajukan sebagai Capres 2024.

"Iya (Anies). Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas. Umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam Rakernas ke ketua umum (Surya Paloh)," kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa dalam pesan singkat, Rabu (4/5/2022).

Dia meyakini, bahwa nama mantan Menteri Pendidikan di era Jokowi itu akan muncul karena mayoritas kader NasDem memilih nama Anies untuk bisa dimajukan dan bertarung di Pemilu 2024.

Namun, Saan menegaskan, meski nama Anies menjadi nama mayoritas yang dipilih kader NasDem, tetap keputusan berada di tangan Surya Paloh untuk menentukannya.

"Walaupun mereka semua juga mengatakan, siapa pun nanti yang diputuskan oleh ketum terkait capres tentu kita akan mematuhinya dan kita akan memperjuangkannya. Tapi sebagai usulan awal sebagian besar meminta mengusulkan Pak Anies," kata Saan.

 

4 dari 4 halaman

Nasdem DIY Usulkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa Capres 2024

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan tiga nama calon presiden atau capres 2024, mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kandidat tersebut akan dibawa ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-17 Juni 2022.

"Kami mengusulkan tiga nama berdasarkan hasil survei internal. Anies, Ganjar dan Andika adalah tokoh teratas berdasarkan survei yang diinginkan masyarakat Yogyakarta," tutur Ketua DPW Nasdem DIY Subardi dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Menurut Subardi, survei yang dilakukan internalnya mempertimbangkan tingkat keterpilihan dan efek perolehan suara bagi Partai Nasdem di Yogyakarta. Selain berbasis survei, ketiga sosok tersebut juga merupakan usulan dari para kader DPW Nasdem se-DIY.

"Jadi ini bagian dari demokrasi di dalam Nasdem. Usulan tersebut akan dibawa ke Rakernas. Tentu Ketua Umum memiliki pertimbangan khusus," jelas dia.

Subardi berharap, poros koalisi yang dibangun DPP dapat mencakup di antara ketiga nama tersebut. Meski demikian, seluruh struktur Nasdem di Yogyakarta akan siap memenangkan siapa pun kandidat yang diputuskan oleh Ketua Umum Surya Paloh.

"Bisa saja ketiganya menjadi daya tawar untuk membangun koalisi untuk 2024. Tetapi sekali lagi, mesin partai di seluruh DIY akan mendukung siapapun capres pilihan Nasdem," kata Subardi.

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.