Sukses

Alasan DPW NasDem Banten Dukung Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

Sandiaga Uno menjadi salah satu figur yang namanya diusulkan kader Partai NasDem untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Dukungan tersebut salah satunya berasal dari DPW NasDem Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk dalam daftar tokoh-tokoh yang diusulkan kader Partai NasDem untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu terungkap pada Rakernas NasDem beberapa waktu lalu.

Sandiaga Uno menjadi salah satu nama yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Banten. Masuknya nama Sandiaga ke dalam daftar pencalonan di jajaran DPW NasDem Banten ini pun memiliki alasan cukup kuat.

Sikap dasar dan kedekatan Sandiaga dengan masyarakat dinilai menjadi modal penting untuk sosok calon pemimpin di negeri ini. Terlebih, Sandiaga memiliki latar belakang di bidang ekonomi.

"(Alasan mengusulkan pencapresan Sandiaga di Banten) yang pertama Sandi itu agamis ya, lalu yang kedua dia itu dekat dengan masyarakat," kata Sekjen DPW Partai NasDem Banten Aris Halawani dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).

Untuk membuat sebuah kebijakan, lanjut Aris, Partai NasDem tidak sebatas melaluinya dari internal partai, namun juga mempertimbangkan suara rakyat. Karena itu, ia melihat tak sedikit masyarakat Banten yang menginginkan kepemimpinan Sandiaga.

"Dia (Sandiaga) dekat juga dengan ulama, sering berkunjung (ke Banten)," ujar Aris.

Memang Sandiaga bukan satu-satunya nama yang diusulkan DPW NasDem Banten pada Rakernas kemarin. Mereka juga mengusulkan figur lain, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta mantan Gubernur Banten Wahidin Halim. Meski akhirnya DPP NasDem hanya mengumumkan tiga tokoh yang bakal diusung di Pilpres 2024.

"Karena ada aturan (usulkan nama calon) minimal tiga maksimal lima orang, untuk melengkapi saja. Daripada yang tidak jelas kan, Sandi lebih jelas gitu loh," ungkapnya Aris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ijtima Ulama Banten Dukung Sandiaga Jadi Presiden

Sebelumnya, sejumlah ulama, habib, dan pemuda Islam Indonesia yang tergabung dalam Ijtima Ulama Banten sempat memberi dukungan terhadap Sandiaga Uno menjadi presiden 2024.

Salah satu dukungan seperti yang datang dari pimpinan Pondok Pesantren Cidahu Pandeglang, Abuya Muhtadi Dimyathi.

"Saya mohon Pak Sandiaga maju, jangan mundur. Saya mengajak umat Islam se-Indonesia untuk memilih Pak Sandiaga jadi presiden 2024," ujar Abuya Muhtadi Dimyathi belum lama ini.

Hal itu sempat disampaikan dalam acara yang digelar di Gedung Sagara Lugina, Serang, Banten pada tanggal 25 Mei 2022.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Raodotul Ulum Pandeglang, Abuya Ade Dimyathi menilai Sandiaga sebagai sosok yang baik. Dia pun mendoakan Sandiaga menjadi presiden 2024.

"Kita doakan bersama. Menurut saya baik, InsyaAllah jadi pemimpin yang jujur dan sayang rakyat," ujarnya.

Senada, Ketua Umum Mathla'ul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menilai Sandiaga sebagai sosok yang rendah hati dan menghormati orang tua.

Sehingga, dia berharap rakyat bisa menentukan pilihan terbaik untuk presiden 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.