Sukses

Sebut Ciri Pemimpin, Jokowi Dinilai Tetap Miliki Tanggung Jawab Akan Presiden RI Selanjutnya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyatnya jelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Menurut dia, ciri-ciri pemimpin itu dapat dilihat dengan mata telanjang, yaitu wajah kerutan. Selain dari wajah, ciri lainnya dapat dilihat dari banyaknya rambut yang memutih.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi menilai, dengan begitu, maka Presiden Jokowi secara tidak langsung telah memberikan dukungan meski tak memberi nama.

"Jokowi terus memberi sinyal melakukan dukungan terhadap bakal calon Presiden, walaupun belum memberikan nama, tapi dari cara Jokowi, itu menunjukkan bahwa beliau tidak akan bersikap abstain dalam kampanye capres-cawapres 2024 nanti, beliau akan bersuara dan terlibat," ujar Jokowi melalui keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Dia mengatakan, Jokowi memang bukan Ketua Umum partai politik, tetapi ia memiliki pemilih loyalis yang akan mengikuti arahannya untuk memilih capres tertentu sebagai Presiden. Sehingga, kata Teddy, tidak bisa dianggap sebelah mata arahan dan sikap Jokowi.

"Beliau (Jokowi) memiliki suara pemilih yang sangat besar. Apa yang dilakukan Jokowi bukan sebuah pelanggaran, baik secara etika maupun secara aturan pemilu, karena memang dibolehkan. Yang bilang apa yang dilakukan oleh Jokowi melanggar aturan, adalah pihak yang takut kalah dalam pemilu dan tentu tidak mengerti akan aturan," papar dia.

Menurut Teddy, pastinya Jokowi yang telah memimpin Indonesia selama dua periode segala programnya bisa dilanjutkan oleh presiden selanjutnya.

"Beliau (Jokowi) punya tanggungjawab untuk keberlanjutan agar Indonesia semakin maju, bukan malah kembali mundur, sehingga apa yang telah Jokowi lakukan selama dua periode menjadi sia-sia," terang dia.

"Saat ini Indonesia ibarat mesin yang fresh, sudah selesai diperbaiki kerusakannya dan sudah digunakan untuk menjalankan roda pemerintahan dengan baik selama ini. Jangan sampai mesin ini kembali rusak karena salah memilih Presiden. Makanya kenapa Jokowi ikut terlibat dalam Kampanye di Pemilu 2024," jelas Teddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sebut Pemimpin yang Memikirkan Rakyatnya: Kelihatan dari Kerutan Wajahnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan persoalan rakyatnya.

Menurut dia ciri-ciri itu dapat dilihat dengan mata telanjang.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan," kata Jokowi dalam acara relawan 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu 26 November 2022.

Di hadapan ribuan relawannya itu Jokowi menyebut bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari kerutan diwajahnya.

"Dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat," ucap Jokowi.

Selain dari wajah, ciri lainnya dapat dilihat dari banyaknya rambut yang memutih.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ujarnya.

Pernyataannya soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyat itu bahkan sampai diulang-ulang oleh Jokowi.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya," katanya.\

 

3 dari 3 halaman

Minta Masyarakat Waspada

Jokowi justru meminta masyarakat mewaspadai pemimpin yang mukanya tidak ada kerutan.

Apabila mukanya bersih, kata dia maka masyarakat harus berhati-hati.

"Kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, wah kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS