Sukses

Rutan Humbahas Buka Layanan Kunjungan Idul Fitri, Cek Syarat dan Ketentuannya

Rutan Humbahas pada tanggal 22, 24 dan 25 April 2023 akan membuka layanan kunjungan dengan ketentuan waktu dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Rutan Humbang Hasundutan (Humbahas), Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut) berjalan dengan kondusif. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melaksanakan salat Ied didampingi petugas di Masjid At-Taubah Rutan Kelas IIB Humbahas.
 
Pelaksaan Hari Raya Idul Fitri di Rutan Humbahas kian meriah dengan diadakannya kunjungan khusus memperingati hari besar tersebut. Pada tanggal 22, 24 dan 25 April 2023 akan dibuka layanan kunjungan dengan ketentuan waktu dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.
 
"Syarat berkunjung harus memiliki vaksin booster. Jika vaksin belum lengkap maka harus melakukan rapot antigen yang berlaku 1x24 Jam, tamu yang berkunjung maksimal 5 orang, membawa KTP dan KK, dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan peraturan yang berlaku," ujar Kepala Rutan Humbahas Herry Hasudungan Simatupang dalam keterangannya, Sabtu (22/4/2023).
 
Rutan Humbahas tak hanya memberikan kunjungan khusus hari raya selama tiga hari, namun juga memberikan remisi khusus kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam.
 
Sebanyak 119 orang WBP menerima Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 M. Dari jumlah itu 116 orang memperoleh RK I dan masih harus menjalani pidana, sementara 2 orang menerika RK II dan langsung bebas. Sedangkan 1 orang menerima RK II menjalani subsider.
 
"Acara pemberian remisi yang dilakukan di Aula Rutan berjalan dengan lancar dan tertib," kata Herry. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Kunjungan Sudah Baik

Selain itu, Rutan Humbang Hasundutan juga menerima kunjungan dari Soetopo Berutu selaku Kabid Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi dalam rangka peninjauan layananan kunjungan yang diberikan, serta melihat blok hunian WBP.
 
Dalam tinjauannya, didapati layanan kunjungan yang dilakukan petugas Rutan Kelas IIB Humbahas sudah sangat baik dan berorientasi pada pelayanan publik dan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan.
 
Guna semakin meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam mau pun luar Rutan, Rutan Kelas IIB Humbahas juga menambah bantuan jaga bukan hanya dari staff saja, namun juga bersinergi dengan baik bersama Polres Humbang Hasundutan dan Koramil 05/DS.
 

 

"Yang mana mereka juga mengirimkan personil guna membantu kegiatan pengamanan di Rutan. Dengan Hal itu, kegiatan pengamanan di Rutan berjalan dengan aman dan kondusif," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.