Sukses

Perlu Langkah Konkret Ciptakan Hubungan Harmonis TNI-Polri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai perlu langkah konkret dan terukur untuk menciptakan hubungan harmonis antara TNI-Polri sehingga tidak terjadi lagi konflik bentrok antara kedua institusi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai perlu langkah konkret dan terukur untuk menciptakan hubungan harmonis antara TNI-Polri sehingga tidak terjadi lagi konflik bentrok antara kedua institusi.

"Tidak bisa dipungkiri, memang kerap kali aparat kita mengalami konflik saat bertugas di lapangan. Selama ini diperkirakan terjadi karena masalah kesalahpahaman atau ketersinggungan saja," kata Sahroni seperti dilansir Antara.

Karena itu dia mendukung usulan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo untuk diadakan penelitian dan dicari akar masalah penyebab sering terjadinya bentrokan antara personel Polri dan TNI.

Sahroni menilai jika dilakukan penelitian yang terarah dan terukur, maka diharapkan pihak Polri dan TNI bisa menemukan solusi jangka panjang untuk menghindari munculnya potensi-potensi konflik berkepanjangan.

"Selain penelitian, Pak Sambo juga mengusulkan adanya strategi berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur. Menurut saya itu menarik sekali, patut dipertimbangkan," ujarnya.

Dia mengatakan, strategi gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur itu merupakan bagian dari usaha pencegahan dalam mengurangi adanya kemungkinan konflik atau bentrok kembali terjadi.

Menurut dia, apabila hal itu bisa dilakukan maka kepercayaan masyarakat atas kinerja para aparat juga akan meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian

Sebelumnya, Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo mengusulkan perlunya penelitian bersama untuk mengetahui serta mengungkap penyebab permasalahan antara TNI-Polri yang sering mengalami bentrokan saat bertugas di lapangan.

Menurut dia perlu adanya strategi pencegahan berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur agar bentrokan ini tidak terjadi lagi.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.