Sukses

Capres Pilihan PSI, Ganjar dan Erick Thohir di Posisi Teratas Hasil Polling Sementara

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah memunculkan 9 nama calon presiden yang disebut diinginkan masyarakat untuk maju di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah memunculkan 9 nama calon presiden yang disebut diinginkan masyarakat untuk maju di Pemilu 2024.

Melihat perkembangan teranyar dari 9 nama itu, Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari mengatakan, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memuncaki hasil polling sementara yang diberi nama PSI sebagai rembuk rakyat online.

"Ganjar dengan presentase 41,28 persen. ditempel Erick Thohir yang meraih angka 34,23 persen. Di bawah Ganjar-Erick ada nama sejumlah tokoh nasional seperti Emil Dardak, Ridwan Kamil, dan Andika Perkasa," kata dia dalam keterangan diterima, Minggu (13/3/2022).

Sholeh menanggapi, munculnya nama Ganjar dan Erick sebagai capres pemuncak poling bukanlah yang pertama. Menurutnya, sejumlah lembaga yang melakukan prediksi suara potensial capres 2024 juga menunjukkan kesamaan hasil, seperti pada survei di kalangan santri NU.

"Survei di kalangan santri Nahdlatul Ulama (NU) juga menampilkan nama Ganjar dan Erick sebagai capres terkuat," sambung dia.

Sholeh meyakini, kuatnya kedua nama itu dikarenakan mereka dekat dengan kalangan santri. "Keduanya juga kerap masuk ke dalam top three bursa survei," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Capres

Sebelumnya, CSIIS melakukan survei capres 2024 terhadap santri NU dilakukan pada 7 Januari 2022. Survei dilakukan melalui wawancara mendalam. Sampel dipilih secara purposive dengan maksud untuk mendapatkan orisinalitas data dari responden.

Hasilnya, Prabowo Subianto memperoleh suara responden 20%, kemudian Ganjar Pranowo 17,5% dan Erick Thohir sebesar Rp15%. Selanjutnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ke empat dengan 12,5% responden.

Di belakangnya ada nama putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid dengan 10%, kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,5%; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7%; dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5,5%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.