Sukses

Tekan Impor, Jokowi Undang Negara B20 Investasi di Sektor Kesehatan

Jokowi menekankan pembenahan arsitektur kesehatan global akan menjadi salah satu fokus Indonesia di Presidensi G20 2022.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mendorong investasi di sektor kesehatan untuk menekan impor. Jokowi menyampaikan pengeluaran pemerintah pusat dan daerah untuk sektor kesehatan mencapai USD 34,77 miliar pada 2021.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Peresmian Pembukaan B20 Inception Meeting secara virtual, Kamis 27 Januari 2022. Pertemuan perdana B20 Indonesia 2022 ini dihadiri para pemimpin bisnis, pejabat tinggi pemerintah, asosiasi bisnis dari negara-negara G20.

"Kita akan memprioritaskan pembelian farmasi dan alat-alat kesehatan yang diproduksi di dalam negeri. Prinsipnya, kalau sudah bisa diproduksi di dalam negeri, anggaran pemerintah tidak akan membeli yang impor," jelas Jokowi sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (28/1/2022).

Dia pun mengundang investor dunia untuk berinvestasi di sektor kesehatan Indonesia. Hal ini sekaligus untuk memperkuat sistem ketahanan kesehatan global.

"Saya sangat berharap komunitas B 20 akan memberikan tawaran tawaran konkrit yang bisa menjadi bagian dari capaian konkrit KTT G20. Kemitraan publik dan swasta global harus kita orkestrasi untuk memberikan solusi global," katanya.

Jokowi menekankan pembenahan arsitektur kesehatan global akan menjadi salah satu fokus Indonesia di Presidensi G20 2022. Dia ingin arsitektur kesehatan global menjadi lebih inklusif, berpegang pada asas kesetaraan dan tanggap terhadap krisis.

"Pemerintah Indonesia dan G20 mengajak komunitas B20 untuk berkolaborasi mobilisasi sumber daya untuk membiayai inovasi serta pemerataan produksi vaksin obat-obatan dan alat-alat kesehatan," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Tiga Isu Strategis

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, sebagai tuan rumah atau Presidensi G20 2022, Indonesia akan fokus kepada tiga isu strategis.

Adapun Presidensi G20 Indonesia pada 2022 mendatang akan mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger'.

"Dalam Presidensi G20 Indonesia akan fokus untuk mengerjakan 3 hal. Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan," kata Jokowi dalam pembukaan Presidensi G20 Indonesia secara virtual, Rabu 1 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KTT G20 adalah kependekan dari Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty.

    KTT G20