Sukses

Pesan Bijak Ganjar Pranowo Terkait dengan Persoalan dan Isu SARA

Ganjar mencontohkan persoalan menyangkut suku yang terjadi di Kalimantan atau di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sudah saatnya para tokoh menahan diri dan memilih diksi yang baik dalam memberikan kritik agar tidak menyinggung masyarakat. Hal itu merespons persoalan SARA yang banyak dibicarakan beberapa hari terakhir.

Sejumlah isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) masih santer di Indonesia, mulai dari persoalan suku, bahasa, hingga agama yang menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat.

"Ya hari-hari ini muncul statemen soal suku, agama, bahasa kemarin ya, memunculkan reaksi di masyarakat," ujar Ganjar pada video yang ia unggah di Twitter, Rabu (26/1/2022).

"Saya kira saatnya kita menahan diri, memilih diksi yang bagus, kritik otokritik itu sesuatu yang menyehatkan, tapi pilihan diksi yang kadang terlalu nyinyir itu membikin penerimaan yang berbeda," ujarnya.

Ganjar mencontohkan persoalan menyangkut suku yang terjadi di Kalimantan atau di Jawa Barat.

"Kritik sih boleh tapi kalau kemudian menyampaikan sesuatu ada cara dan potensi menyakiti masyarakat, mbok ya jangan dikeluarkan," ujar Ganjar di video.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi dan Berdiskusi

Lebih lanjut, Ganjar menambahkan untuk tidak menyakiti hati masyarakat.

"Kalau enggak bisa nyenengin, minimal jangan nyakitin," tulis dia.

Di sisi lain, Ganjar juga mengimbau agar masyarakat tak mudah terprovokasi. Ia menyarankan bahwa meminta klarifikasi dan berdiskusi bersama akan lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo