Sukses

VIDEO BERANI BERUBAH: Raup Jutaan Rupiah dari Bonsai

Liputan6.com, Jakarta Puji Hartono merupakan seorang pensiunan ASN sejak 4 tahun yang lalu. Namun, berdiam diri di rumah dan hanya menikmati hari tuanya bukanlah sesuatu yang senang dia lakukan. Puji lebih suka menyibukkan diri mempelajari hal baru.

Karenanya, untuk mengisi waktu, dia mulai mencari pengetahuan tentang cara membuat bonsai kelapa ukir. Ketika pandemi COVID-19 menghantam, dirinya yang menjadi semakin sering berada di rumah akhirnya membuat bisnis dari bakat otodidaknya itu.

Siapa sangka, yang tadinya hanya untuk mengisi waktu, kini bisa menghasilkan uang. Puji bisa menjual karyanya mulai dari harga Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Alasannya, karena bonsai kelapa ukir buatannya adalah suatu karya seni yang unik.

Selain itu, usaha bonsai kelapa ukir ini juga membuat Puji menjadi terus semangat berkarya meski sudah pensiun. Dia pun turut mengajak agar peminat bonsai lainnya ikut belajar bersama dengannya.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.