Sukses

Laskar Ganjar-Puan Hadirkan Empat Manfaat untuk Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Laskar Ganjar-Puan (LGP) menghadirkan empat manfaat untuk warga di Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Program tersebut mendapat antusias tinggi dari warga sekitar karena dinilai sangat membantu.

Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Muhamad, memaparkan keempat manfaat. Pertama, yakni pemberian 220 sertifikat beasiswa kepada 22 RW di Jakasampurna. Masing-masing RW mendapat jatah 10 beasiswa.

Manfaat kedua, yaitu pemberian santunan kepada lansia dan anak yatim yang membutuhkan. Manfaat ketiga, LGP akan memfasilitasi pembentukan notarial koperasi masing-masing RW di Jakasampurna.

"Kita memfasilitasi biaya pembuatan akta pendirian koperasi. Dengan rekomendasi koperasi, warga bisa mendapat bantuan Rp 1,2 juta dari Kementerian Koperasi," kata pria yang akrab disapa M2 itu, Kamis (20/1/2022).

Manfaat keempat, yakni pembentukan akta pendirian yayasan sosial di lingkungan RW. Yayasan sosial ini nantinya akan berperan memberi rekomendasi warga yang berhak menerima bantuan dari Kemensos.

"Yayasan ini yang mendata, merekomendasikan siapa yang mendapat bantuan. Sehingga tidak perlu ke Pemda lagi, jadi lebih mudah," ucapnya.

Menurut Mochtar Muhamad, kehadiran LGP tak sekedar mencari dukungan semata, tapi juga berkomitmen untuk menebar manfaat kepada masyarakat khususnya di Kota Bekasi.

"Tapi kami LGP datang tidak hanya nanti menjabat untuk bicara manfaat. Masih jauh-jauh pemilu, kita harus berbuat untuk masyarakat," paparnya.

Ia juga meyakini duet Ganjar-Puan akan mampu melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi dalam mewujudkan negara yang adil dan makmur.

"Bahwa tanggal 17 Agustus 1945 Bung Karno memproklamirkan negara ini, ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya menuju adil dan makmur hanya oleh kader Bung Karno, Ganjar-Puan," tegasnya.

"Kota Bekasi tidak salah arah di dalam melihat kepemimpinan ke depan. Makanya saya turun ke RW dan kelurahan untuk memberikan gambaran kepada warga agar kita tidak salah memilih di Pilpres 2024 nanti," tandas M2.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi Masyarakat

Sementara Ketua RW 15 Kota Baru, Sumantri, mengapresiasi program LGP yang dinilai sangat bermanfaat. Ia pun membeberkan sejumlah bantuan yang sudah diterima warganya.

"Alhamdulillah untuk Kelurahan Kota Baru kemarin ada 37 lansia mendapatkan modal dagang. Lansia yang sudah tak bisa jalan, kita berikan kursi roda. Jadi ada etalase lengkap beserta isinya, jadi tinggal dagang," ucap dia.

Menurutnya, permintaan warga penerima bantuan cukup beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

"Terus showcase, gerobak dan mesin jahit, tergantung permintaannya. Ini kemarin baru 37 orang, mungkin nanti tiap tahun kita akan lanjutkan," tutupnya.

Masih di lokasi sama, Sekjend Laskar Ganjar-Puan, Nawang Andi Kusuma, mengaku suara dukungan masyarakat untuk duet Ganjar-Puan cukup tinggi, khususnya di Pulau Jawa.

"Jadi di akar rumput sendiri, mereka pun suara-suara dari kota/kabupaten di Jawa ini semuanya gak ada penolakan pak Ganjar selaku capres nanti," ujar Nawang.

Menurutnya, pembentukan DPC LGP di Pulau Jawa, hampir sepenuhnya rampung. Pihaknya juga terus bergerak ke daerah-daerah lain untuk meminta dukungan masyarakat.

"Dua minggu lalu kita baru rakerda di Jawa Barat, dan di sana seluruh DPC terbentuk di 27 kota/kabupaten. Dua minggu lagi di Jawa Timur juga akan rakerda ya. Di sana seluruh kota/kabupaten juga sudah terbentuk. Karena kemarin jadwalnya lebih duluan Lampung, jadi kita duluan Lampung baru Jawa Timur," paparnya.

Ia menyebutkan, banyak pendukung Ganjar Pranowo khususnya di akar rumput yang menyukai kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah itu. Karena itu ia meyakini dukungan masyarakat untuk Ganjar-Puan akan terus meningkat.

"Jadi mau itu petani, nelayan, sangat menyukai gaya kepemimpinan pak Ganjar, dan mereka meyakini dengan duet Ganjar-Puan ini nantinya akan menjadikan Indonesia lebih baik," pungkas Nawang.