Sukses

Albumin Ikan Gabus Dapat Menyembuhkan Luka Bakar

Liputan6.com, Malang: Bagi anda yang habis dioperasi, disarankan banyak menyantap ikan gabus. Sebab, ikan ini memiliki kandungan albumin cukup tinggi yang bermanfat menyembuhkan luka bekas operasi maupun luka bakar. Keuntungan lainnya, harga albumin ikan gabus jauh lebih murah dibandingkan serum albumin darah. Saran itu disampaikan Guru Besar Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Eddy Suprayitno, baru-baru ini.

Eddy menjelaskan, satu kilogram daging ikan gabus yang dicapur aquades dan kemudian dipanaskan dalam suhu 75 derajat celcius dapat menghasilkan 60 gram kandungan murni albumin. Dia mengatakan, proses penyaringan albumin ikan ini dapat didaur ulang menjadi beberapa jenis makanan dan minuman. Di antaranya bisa dibuat menjadi roti tawar, puding, bubur manula, permen, jelly, hingga es krim.

Sementara itu uji coba yang dilakukan terhadap sejumlah tikus putih, zat albumin ikan gabus bisa menyembuhkan 98 persen luka sepanjang dua centi meter dalam waktu enam hari. Sedangkan uji penelitian pada pasien Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, zat albumin dapat menyembuhkan luka bakar tiga hari lebih cepat dari serum albumin dari darah. Selain itu, penderita luka bakar juga dapat mengkonsumsi langsung ikan gabus rebus untuk menyembuhkan penyakitnya. Untuk metode ini, Eddy menyarankan, agar dipilih ikan gabus yang masih segar.(ICH/Noor Ramadhan dan Eko Sakti)