Sukses

Jokowi: 297 Juta Vaksin Sudah Disuntikan, Bukan Hal Mudah bagi Negara Serumit Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan 297 juta dosis vaksin Covid-19 telah berhasil disuntikan kepada masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan 297 juta dosis vaksin Covid-19 telah berhasil disuntikan kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, sebanyak 30 provinsi sudah mencapai target 70 persen vaksinasi.

"Saat ini 30 provinsi telah mencapai target di atas 70 persen. Vaksinasi sudah mencapai 297 juta, angka yang tidak kecil," ujar Jokowi dalam Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang disiarkan di Youtube Unpar Official, Senin (17/1/2022).

"Yang termasuk 70 persen itu provinsi Jawa Barat. Tadi Pak Gubernur (Jawa Barat) bisik-bisik ke saya, 'Pak, Jabar sudah 83 persen.'," sambung dia.

Menurut dia, menyuntikkan 297 dosis vaksin ke masyarakat Indonesia bukanlah hal yang mudah. Sebab, vaksin harus didistribusikan ke 17.000 pulau dan ratusan kabupaten/kota di Tanah Air.

"297 juta itu bukan barang yang mudah untuk negara yg serumit negara kita Indonesia. Menyuntik 297 juta kali ke 17.000 pulau, 514 kabupaten/kota, 34 provinsi bukan barang yang mudah," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Perjuangan

Jokowi menyampaikan para petugas harus menaiki perahu untuk mengantar vaksin Covid-19 sampai ke puskesmas. Bahkan, kata dia, ada yang harus mengendarai sepeda motor ke gunung untuk mendistribusikan vaksin.

Dia menyebut saat ini Indonesia berada di peringkat keempat, negara dengan tingkat capaian vaksinasi tertinggi di dunia. Adapun Indonesia berada dibawah China, Brazil, dan Amerika Serikat.

"Saya sangat apresiasi TNI-Polri dalam berikan dukungan penuh dalam rangka vaksinasi ini," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia