Sukses

Ketum Golkar Airlangga Blusukan ke Losari, Beri Bantuan untuk Pelaku UMKM

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto blusukan ke pelaku usaha kecil atau UMKM di Makassar pada Minggu (16/1/2022).

Dia pun menyambangi pedagang dengan tersenyum dan menyapa pedagang yang sangat antusias menyambutnya.

"Kareba pak, semoga sehat selalu, tetap jaga kesehatan," kata Airlangga, seperti keterangan yang diterima.

Dalam kesempatan itu, dia pun sempat berbincang dengan salah satu penjual pisang Epe yang berada di pantai Losari. Pria yang menjabat sebagai Menko Perekonomian itu menanyakan soal bantuan pemerintah berupa sembako.

"Saya ditanya sama bapak (Airlangga) sudah dapat bantuan ibu? Saya bilang ke beliau sama sekali belum," kata seorang pedagang bernama Daeng Mini.

Namun, tak disangka-sangka kehadiran Airlangga bukan hanya meninjau tapi meemberikan bantuan.

"Ternyata alhamdulillah beliau kasih bantuan kami disini," kata Daeng mini.

Tak hanya dia, seorang pedagang lainnya, Ani juga mengaku kaget akan kehadiran Airlangga dan memberikan bantuan secara langsung.

Terlebih saat Airlangga ikut mencoba membakar pisang Epe.

"Alhamdulillah ya Allah kami langsung diberikan bantuan. Makasih banyak Pak Menteri," kata Ani.

Diketahui, bantuan selain diserahkan di kawasan anjungan pantai Losari Makassar, juga diberikan kepada pedagang usaha lain yang ada di berbagai titik.

2 dari 2 halaman

Blusukan ke Pasar Wonokromo

Sebelumnya, Airlangga sempat blusukan ke Pasar Wonokromo  Surabaya mengecek harga bahan pokok serta menekan harga minyak goreng yang sempat melambung tinggi.

"Kami cek operasi pasar, untuk mendukung kebijakan pemerintah dan sekaligus menekan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu," tutur Airlangga, Kamis (13/1/2022).

Airlangga menjelaskan, dalam operasi pasar ini, selain tersedia minyak goreng dengan harga murah, juga terdapat penjualan komoditas lainnya. Seperti beras, telur, cabe, dan bawang, yang langsung didukung pemerintah dan Bulog.

"Meski harga gula sempat naik sampai Rp 13 ribu, tapi di pasar tadi harganya ada yang Rp 11 ribu dan bahkan minyak curah harganya mencapai Rp 17 ribu - Rp 18 ribu. Maka kami akan terus memantau dan mendorong penyediaan minyak goreng untuk masyarakat," katanya. 

Menurutnya, dengan adanya operasi minyak goreng dengan kisaran harga Rp 14 ribu, menjadi salah satu regulasi yang sedang diatur dalam keputusan Mendag (Menteri Perdagangan) yang telah diterbitkan. Dengan dasar itu, rencananya pada minggu depan harga minyak goreng akan menjadi Rp 14 ribu. 

"Sedangkan gula akan dilihat lagi, karena di Jatim ini kan produksi dan produsen gula sangat baik dari pabrik gula atau kombinasi lain," ucap Menko Airlangga.