Sukses

Gerindra Minta Calon Jemaah Umrah Bisa Ikut Vaksinasi Booster

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Gerindra yang juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengingatkan, vaksinasi penting untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang masih ada di Indonesia.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Manasik Haji Majelis Taklim Perempuan Ikatan Haji Perempuan Indonesia (IHPI) di Masjid Darussalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/1/2022).

"Ibu-ibu, saat ini dunia belum menemukan obat dari penyakit Covid-19. Maka satu-satunya yang mungkin dilakukan untuk terhindar dari Covid-19 adalah vaksin. Dunia telah melakukan itu, di Amerika, Eropa, Brazil, Singapura, Malaysia dan Indonesia semua vaksin. Untuk apa? Untuk kita semua terhindar dari penyakit yang berbahaya ini," kata Muzani dalam keterangannya.

Karena itu, dia mendukung upaya pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster. Menurutnya ini adalah bentuk perhatian pemerintah, terlebih disediakan secara gratis.

"Booster adalah cara untuk menambah kekuatan atau imunitas dalam diri kita. Vaksinasi booster ini adalah bentuk perhatian pemerintah, bentuk kesungguhan pemerintah dalam menjaga kesehatan rakyat agar 270 juta rakyat Indonesia terhindar dari bahaya penyakit Covid-19," jelas Muzani.

Muzani pun meminta agar semua masyarakat mau melakukan vaksinasi booster, terlebih bagi mereka yang hendak melakukan ibadah umrah.

"Untuk itu Ibu-ibu semua yang hadir di sini, silakan ikuti program booster yang disediakan pemerintah. Yang sudah dua kali vaksin, tanya RT RW-nya, Kelurahan, dan Kecamatan dimana layanan vaksin booster disediakan. Supaya apa? Supaya Ibu-ibu semua yang berangkat umrah nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada hambatan. Vaksin booster adalah vaksin gratis, tidak bayar," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Puji Jokowi

Muzani pun mengapresiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah memutuskan vaksin booster gratis bagi masyarakat.

Menurut dia, ini merupakan komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya agar Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan kuat. 

Sementara anggota Komisi X DPR RI Hj Himmatul Aliyah yang turut hadir mengatakan, kepada seluruh calon jemaah umrah yang hadir untuk mengikuti berita terupdate tentang aturan-aturan umroh bagi jemaah yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Sebab, selama pandemi berlangsung, banyak aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan pelaksanaan umroh. 

"Ibu-ibu harap perhatikan aturan-aturan yang ada di Arab Saudi ya. Karena selama pandemi ini ada banyak perubahan peraturan. Misalnya terkait dengan protokol kesehatan. Dan juga yang harus diperhatikan adalah keberadaan toilet. Carilah toilet terdekat dengan runtinitas ibu-ibu nanti di sana. Mudah-mudahan Ibu-ibu semua bisa brangkat umroh semua dan Insya Allah umrohnya mabrur," kata dia.