Sukses

Partai Garuda Singgung Pendukung Anies Baswedan Terkait Dibenci di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem menyebut sosok calon presiden atau capres yang diusungnya Anies Baswedan dibenci oleh masyarakat karena media sosial (medsos).

Hal itu pun disorot Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi.

"Pendukung Anies Baswedan mengatakan bahwa, Anies Baswedan itu dibenci karena media sosial. Seolah-olah informasi di media sosial tentang Anies adalah informasi yang tidak benar, sehingga mereka akan mengedukasi masyarakat dengan mendatangkan anies ke berbagai daerah," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

Dia menilai, jelas bahwa informasi yang disampaikan ke media sosial terkait Anies Baswedan bukan informasi hoaks, tetapi menyampaikan jejak digital.

"Kemudian juga menyampaikan bukti-bukti, di mana hal itu bagian dari mengedukasi masyarakat agar supaya mendapatkan informasi yang benar terkait Anies," terang Teddy.

"Jadi jangan sampai dibalik, ketika media sosial menyampaikan jejak digital, menyampaikan informasi yang asal muasalnya berasal dari Anies maupun pendukungnya, lalu dianggap sebagai menyebarkan kebencian, menyebarkan informasi hoaks. Itu malah memperlihatkan kekerdilan," sambung dia.

Dengan begitu, lanjut Teddy, justru memperlihatkan bahwa mereka, para pendukungnya tidak tahu harus bagaimana mempromosikan dan memperkenalkan Anies ke masyarakat.

"Memperlihatkan bagaimana mereka bingung, karena tidak ada hal yang bisa mereka jual, bukti-bukti yang ada malah mematahkan narasi yang mereka bangun untuk menjual Anies," ucap dia.

"Harus lebih kreatif dan smart, jangan malah menyalahkan para pihak yang memberikan fakta sebagai bagian dari menyebarkan kebencian. Jika tidak mampu menari, jangan salahkan lantainya," jelas Teddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dibenci di Medsos

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali merasa sosok Anies dibenci dan tidak dikenal karena media sosial (medsos).

Menurut dia, Partai NasDem saat ini berkewajiban untuk mengenalkan Anies kepada masyarakat secara langsung agar sosok Anies lebih dikenal.

"Anies kalau insyaallah akan maju sebagai capres kan masyarakat harus mengenalnya kan. Jadi setelah masyarakat mengenal Anies kan silakan nilai. Mau benci kek, mau apa. Ini kami sialnya ini Anies dibenci tapi tidak dikenal. Karena berita-berita medsos," kata mantan Ketua Fraksi NasDem DPR itu.

"Nah itu kan menjadi suatu kewajiban kita hari ini sebetulnya, untuk melakukan edukasi-edukasi itu," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Harap Pemda Turun Tangan

Oleh karena itu, Ali berharap pihak pemda menjadi bagian penting dalam pelaksanaan kegiatan partai politik.

"Jadi kami yang terjadi kita berharap pemda itu menjadi bagian penting dalam pelaksanaan memfasilitasi apalagi pemanfaatan tempat-tempat umum kan harusnya kan ini difasilitasi oleh pemda supaya menghadapi pemilu tidak diwarnai ketegangan," jelas Ali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS