Sukses

BNPB Sebut Masyarakat Indonesia Butuh Literasi Sejarah Kebencanaan Masa Lalu

Lilik Kurniawan menyampaikan perlunya literasi kebencanaan bagi masyarakat Indonesia, menyusul terjadinya ribuan bencana yang terjadi di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menyampaikan perlunya literasi kebencanaan bagi masyarakat Indonesia, menyusul terjadinya ribuan bencana yang terjadi di Tanah Air.

"Jadi literasi ini harus sampai ke masyarakat, tidak cukup berhenti di pemerintah daerah. Tetapi masyarakat yang tinggal di daerah yang memang rawan bencana, jadi memang harus memiliki pengetahuan dari kejadian yang ada di masa lampau," kata dia, Jumat (31/12/2021).

Hal itu berangkat dari tragedi bencana badai di Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa bulan silam. Menurutnya badai yang menerpa NTT di 2021 adalah badai yang sama yang menerjang daerah itu pada 1973.

"Kita melihat kasus yang ada di NTT, memang tahun 1973 pernah terjadi sesuatu (bencana) yang besar tetapi informasi ini tidak sampai pada masyarakat sehingga tempat-tempat yang tandinya menjadi daerah bencana kemudian berubah menjadi pemukiman," ujar Lilik.

"Sehingga dalam waktu sekian puluh tahun terjadi lagi dan korbannya sangat banyak," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejadian Berulang

Sementara, dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, suatu bencana kerap kali merupakan pengulangan yang terjadi di masa lalu.

"Sekali dia terjadi di masa lalu pasti terjadi lagi di masa depan. Sehingga penting untuk kita menyampaikan informasi-informasi kejadian bencana di masa lalu kepada masyarakat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.