Sukses

Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Pejabatnya yang Sowan ke Ormas Suka Ribut

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan memastikan, tidak ada pejabat di lingkungan Polda Metro Jaya yang baru dilantik sowan ke ormas yang kerap membuat keributan. 

"Polda Metro tidak ada sowan-sowan ke ormas. Kalau ada sampaikan sama saya," ujar Zulpan kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Zulpan mengatakan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran jauh-jauh hari telah mengimbau kepada pejabat setingkat polres dan polsek area Polda Metro Jaya agar tidak mengunjungi ormas yang kerap melanggar hukum.

Dia mengatakan, Kapolda bahkan menginstruksikan menindak tegas ormas yang melakukan pelanggaran hukum.

"Pak Kapolda juga sudah menyampaikan berulang kali di Polda Metro dalam rangka penegakan hukum tidak perlu sowan-sowan ke ormas buat apa. Kalau ormasnya salah ya tindak," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Sebut Tanpa Pandang Bulu

Zulpan menyinggung kasus yang baru-baru ini diungkap oleh jajaran. Beberapa tersangka diketahui tergabung dalam salah satu ormas tertentu.

"Lihat kemarin PP kan? Tanpa pandang bulu kita lakukan penegakan hukum. Beberapa orang jadi tersangka kasusnya lanjut. Tidak ada masalah bagi Polda Metro Jaya," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Sindir Kapolda-Kapolres Baru Dilantik Malah Sowan ke Sesepuh Ormas yang Sering Ribut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyesalkan Kapolda dan Kapolres yang baru dilantik malah mendatangi sesepuh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang kerap membuat keributan. Menurut dia, Kapolda dan Kapolres harus menjaga kewibaan di mata masyarakat.

"Saya kadang-kadang saya sudah lama sekali ingin menyampaikan ada Kapolda baru, ada Kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Bener ini?," jelas Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah di Bali, Jumat (3/12/2021).

Dia mengaku sempat menanyakan hal ini kepada salah satu kapolres. Jokowi menyebut kapolres itu beralasan hal itu dilakukannya untuk menjaga agar situasi tetap kondusif.

"Saya tanya ke kapolres, kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum," katanya.

"Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibaan. Polri harus memiliki kewibawaan," sambung Jokowi.