Sukses

48 Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu Lolos Tes Tertulis dan Psikologi

Keterwakilan perempuan dari bakal calon anggota KPU yang lolos tersebut dipastikan sudah terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menetapkan 48 bakal calon anggota KPU dan Bawaslu lolos Tes Tertulis Penulisan Makalah dan Tes Psikologi yang dilaksanakan pada 24-25 November 2021 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Jakarta.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro mengataka, dari 48 orang itu 28 di antaranya merupakan bakal calon anggota KPU. Juri memastikan bahwa keterwakilan perempuan dari bakal calon anggota KPU yang lolos tersebut sudah terpenuhi.

"Dari 28 orang bakal calon anggota KPU yang berhak mengikuti tahap selanjutnya, 18 orang berjenis kelamin laki-laki dan 10 orang perempuan. Jadi kalau dipersentase ada 35,7 persen perempuan ini sudah melewati ambang batas 30 persen keterwakilan perempuan di bakal calon anggota KPU," ujar Juri dalam konferensi pers daring, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Chandra Hamzah mengatakan terdapat 20 orang bakal calon anggota Bawaslu yang lolos tes tersebut. Mereka terdiri dari 14 orang laki-laki dan enam orang perempuan.

"Enam orang perempuan ini secara persentase berjumlah 30 persen," ujar Chandra.

Mereka yang lolos, kata Juri berhak untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, yakni tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok), tes kesehatan, dan wawancara. Tes tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada 9-30 Desember 2021. Di mana perinciannya sebagai berikut:

a. Tes Psikologi Lanjutan (Dinamika Kelompok) tanggal 9–11 Desember 2021;

b. Tes Kesehatan tanggal 26–30 Desember 2021;

c. Wawancara Bakal Calon Anggota Bawaslu tanggal 26-27 Desember 2021;

d. Wawancara Bakal Calon Anggota KPU tanggal 28-30 Desember 2021.

"Tempat pelaksanaan tes di Jakarta," ujar Juri.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Tak Ikut Tes

Tes Tertulis Penulisan Makalah dan Tes Psikologi dilaksanakan selama dua hari, yakni 24-25 November 2021. Tes dilangsungkan di Jakarta International Expo (JIEXPO), Jakarta.

Dari 630 orang yang telah lolos administrasi, 352 orang di antaranya merupakan bakal calon anggota KPU dan 278 bakal calon anggota Bawaslu.

Tak semua peserta yang lolos administrasi mengikuti Tes Tertulis Penulisan Makalah dan Tes Psikologi. Pada hari pertama, yakni pelaksanaan Tes Tulis dan Penulisan Makalah terdapat 29 orang bakal calon anggota KPU yang tak mengikuti tes. Jadi hanya 323 orang saja yang hadir.

Sementara terdapat 14 orang bakal calon anggota KPU yang urung hadir dalam tes tersebut. Di mana hanya 264 orang saja yang hadir.

Tes di hari kedua angka yang tak hadir pun tak jauh beda, di mana di KPU ada 31 orang yang tak hadir dan di Bawaslu ada 15 orang tak hadir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.