Sukses

Ridwan Kamil Isyarat Gabung Parpol Jelang 2024, Nasdem Siap Buka Pintu

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berniat bergabung dengan partai politik di tahun 2022. Ia memberikan kisi-kisi partai seperti apa yang ia miliki minat bergabung.

Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan partainya dan Ridwan Kamil memiliki hubungan yang baik. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menjadi gubernur Jawa Barat juga karena salah satu pengusung utamanyaa adalah Nasdem.

"Secara hubungan memang NasDem relatif baik dengan Kang Emil. Dan Kang Emil pasti merasakan itu karena sejak pencalonan Kang Emil gubernur itu jauh-jauh hari," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Nasdem merasa memiliki kedekatan emosional dengan Ridwan Kamil. Serta kemitraan NasDem dan Ridwan sebagai gubernur pun berjalan baik. 

"Jadi secara kedekatan, baik emosi maupun dalam kemitraan dengan NasDem sebagai gubernur sudah berjalan dengan baik," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Saan menuturkan, Nasdem terbuka bagi Ridwan Kamil. Jika berminat, Nasdem siap menampung.

"Jadi kalau Kang Emil mau gabung ya kita dengan terbuka siap menerima Kang Emil," ujar dia. 

2 dari 2 halaman

Isyarat Gabung Parpol

Sebelumnya Ridwan Kami mengakui bakal bergabung dengan partai politik yang dinilai cocok untuknya jelang Pemilu 2024.

"Niatan sudah ada. Kan ada puisi yang berkalimat semua indah pada waktunya. Kemungkinan saya putuskan tahun depan," ujar Ridwan Kamil dalam wawancaranya bersama Wakil Pemimpin Umum Kompas, Budiman Tanuredjo dalam akun Youtube Harian Kompas, Minggu (14/11/2021).

Menurut dia, hal itu sesuai dengan masukan dari sang ibu yang merupakan guru politiknya. Dia menuturkan, sang ibu merupakan aktivis mahasiswa saat masih muda.

"Kalau wali kota, gubernur jangan dulu, supaya lebih mudah diterima dan latihan dulu. Tapi kalau nanti di level nasional, ibu saya menyarankan harus berpartai," tutur pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Lalu, partai seperti apa yang bakal dipilihnya?

Dia mengaku sudah berdoa dan melakukan riset tentang partai-partai yang ada di Tanah Air. Yang jelas, dia memiliki kriteria khusus dalam memilih partai tersebut.

"Sudah beristikarah, sudah riset. Yang pasti yang saya pilih harus yang paling kokoh Pancasila-nya. Kenapa? Karena itu syarat Indonesia selamat. Cuma itu, jangan ubah Pancasila," ujar Ridwan Kamil.

 

Reporter: Ahnda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com