Sukses

PDIP DKI: Penunjukan Ahmad Sahroni Sebagai Ketua Pelaksana Formula E Politis

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menyebut penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E kental dengan unsur politis. Dia menilai hal tersebut ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana yang rencananya digelar pada 4 Juni 2022.

"Penunjukan bendahara Nasdem sebagai event organizer Formula E lebih kental unsur politik daripada profesional," kata Gilbert di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Dia juga menyatakan setelah penunjukan tersebut tidak ada pernyataan teknis profesional oleh Sahroni ataupun Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Politikus PDIP tersebut juga menyoroti tidak adanya penjelasan teknis dari Pemprov DKI ataupun pihak Formula E mengenai penyelenggaraan tersebut. Selain itu, dia juga menyebut pencatutan nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi menguatkan nuansa politik dalam Formula E.

"Pendekatan politis yang akhirnya mengecilkan profesionalisme akan dinilai oleh masyarakat seluruh Indonesia, seperti janji kampanye yang diminta aksi nyatanya, bukan sekadar narasi atau retorika," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana event balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix. Dalam pelaksanaannya, Sahroni akan dibantu oleh Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo yang menjadi Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix.

Keputusan tersebut diungkapkan Gubernur Anies setelah pertemuan antara Co-founder Formula E Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, dan Sekjen IMI Ahmad Sahroni di sebuah rumah makan di daerah Menteng, Rabu (24/11/2021).

 

2 dari 2 halaman

Fraksi Partai Nasdem

Dalam pertemuan tersebut mereka membahas perkembangan event yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpro ini. Gubernur Anies menyampaikan bahwa persiapan untuk event internasional yang akan digelar 4 Juni 2022 tersebut berjalan dengan baik.

Selain menjabat Sekjen IMI, Ahmad Sahroni diketahui juga menjabat Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Nasdem.