Sukses

Ratusan Pengunjung dan Pedagang Pasar Anyar Bogor Divaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Satgas Covid-19 Kota Bogor menggelar gerebek vaksinasi di Pasar Anyar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/11/2021). Pada gerebek vaksinasi tersebut, petugas gabungan menjaring 247 orang pengunjung dan pedagang.

"Dari 247 orang yang terregistrasi, 218 orang yang disuntik vaksin Covid-19. 29 orang tidak memenuhi syarat karena memiliki penyakit asma, jantung dan hipertensi tinggi," ujar Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Bogor, Selasa.

Susatyo menerangkan pelaksanaan gerebek vaksinasi massal di Pasar Anyar Kota Bogor ini untuk mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok pada Januari 2022.

"Rata-rata mereka yang belum divaksin karena terhambat pekerjaan mereka. Sehingga kami di sini memfasilitasinya," kata dia.

Menurut dia, vaksinasi yang digelar TNI/Polri dan Pemkot Bogor ini berlaku juga bagi masyarakat yang tinggal di luar Kota Bogor. Terpenting, mereka memiliki KTP dan KK.

"Jadi kami kasih kesempatan bagi mereka yang belum divaksin, baik itu ber-KTP Kota Bogor maupun di luar Kota Bogor," ujar Susatyo.

 

2 dari 2 halaman

Penyekatan

Tak hanya gerebek vaksinasi, petugas gabungan juga akan menyekat akses menuju Pasar Anyar yang kini disebut Pasar Kebon Kembang ini. Di pos penyekatan, setiap pengunjung akan diperiksa petugas untuk mengetahui apakah sudah divaksin atau belum.

"Penyekatan mulai diberlakukan besok dengan tujuan melakukan pemeriksaan apakah sudah divaksin atau belum. Yang sudah divaksin boleh masuk ke kawasan Pasar Kebon Kembang," kata dia.

Direktur Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Muzzakir menyatakan, pedagang yang berdomisili di Kota Bogor seluruhnya sudah divaksin.

"Menurut data yang belum divaksin rata-rata bukan KTP Kota Bogor, tapi dari Kabupaten Bogor, Padang dan lainnya," terangnya.