Sukses

Upaya Perbaikan Ekonomi Lewat Pelatihan dan Modal bagi Pelaku Usaha Perempuan

Pandemi Covid-19 masih menyisakan kesulitan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat. Beragam usaha pun dilakukan sejumlah pihak demi meningkatkan perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 masih menyisakan kesulitan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat. Beragam usaha pun dilakukan sejumlah pihak demi meningkatkan perekonomian.

Salah satunya Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta yang menggelar pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk ratusan perempuan.

Kegiatan itu dilaksanakan bekerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) DKI Jakarta dan Komunitas Perempuan Bekerja dan Bersinar (Pijar).

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Bidang Perindustrian, Rainer Tobing menyampaikan, kerja sama pelatihan UMKM itu memang telah berlangsung sejak 2020 dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

"Lebih dari 400 binaan Industri Kecil Menengah (IKM) Kadin DKI Jakarta telah mengikuti pelatihan ini," tutur Rainer dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Menurut Reiner, nantinya ada 100 perempuan yang berdomisili di DKI Jakarta akan mendapatkan IKM pada Jumat, 26 November 2021.

"Selain mendapatkan pelatihan, mereka juga akan mendapatkan pendampingan serta permodalan," kata Reiner.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Beragam Agenda

Ketua Iwapi DKI Jakarta Endah Ansoroeddin mengatakan, sejumlah agenda yang disiapkan antara lain pelatihan memasak yang dipandu langsung oleh chef profesional lewat online.

"UMKM merupakan ujung tombak dalam perekonomian yang sebagian besar pelaku usaha tersebut adalah kaum perempuan. Untuk itu pelatihan dilakukan dengan pendampingan dan pemberian modal agar pelatihan ini berkelanjutan," ujar Endah.

Pendiri komunitas Pijar Regina Vianney Ayudya menambahkan, pihaknya sangat mendukung program pemberdayaan perempuan melalui pelatihan IKM.

"Semakin banyak pihak yang terlibat dalam menumbuhkan industri kecil dan menengah terutama untuk kaum perempuan, maka akan semakin baik untuk menumbuhkan perekonomian kita, sehingga kaum perempuan mendapatkan penghasilan melalui industri rumahan namun tetap bertanggung jawab terhadap keluarga," kata Regina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19