Sukses

Jokowi: Investasi Jangkar Pemulihan Ekonomi, Layani Investor dengan Baik

Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 membuat ekonomi di sejumlah negara menjadi anjlok. Investasi pun menjadi jangkar pemulihan ekonomi sebab hampir semua negara mengalami defisit APBN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 membuat ekonomi di sejumlah negara menjadi anjlok. Investasi pun menjadi jangkar pemulihan ekonomi sebab hampir semua negara mengalami defisit APBN.

"Investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi karena APBN semua negara sama, terlihat defisit semua defisit," kata Jokowi saat berpidato di Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Menurut dia, pandemi Covid-19 berdampak ke hampir semua sektor. Dia menyampaikan semua negara memiliki kekhawatiran yang sama apabila nantinya defisit dikembalikan akan terjadi inflasi.

"Bareng-bareng bayangkan puluhan ribu triliun direm bareng-bareng karena mau kembali ke defisit awal. Ini juga mengkhwatirkan tapi belum dikalkulasi," ujarnya.

Jokowi pun meminta semua pihak untuk memberikan pelayanan yang baik kepada investor kecil, sedang, maupun besar. Dia juga mengingatkan agar kementerian/lembaga serta pemerintah daerah memberikan kemudahan izin untuk para investor.

"Berikan pelayanan terbaik baik itu investor kecil, yang namanua usaha kecil investor, investor sedang layani baik, investor gede layani dengan baik. Investor kecil terutama itu layani dengan baik, izin berikan semua gratis, antarkan ke rumah itu pelayanan, kecil-kecil layani seperti itu," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Naik

Dia menuturkan investasi yang muncul akan membuat peredaran uang semakin banyak. Terlebih, apabila ada investor asing akan membuat peredaran uang semakin besar dan menimbulkan efek terhadap daya beli masyarakat.

"Konsumsi naik pertumbuhan ekonomi juga akan naik, larinya ke sana," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi