Sukses

4 Pernyataan SBY Terkait Kondisi Terkini Usai Operasi Kanker Prostat di AS

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bicara soal kondisi terkininya usai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bicara soal kondisi terkininya usai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS).

Menurut SBY, operasi pengangkatan prostat yang didalamnya ada sel kanker berjalan lancar sesuai ekspektasinya dan tim dokter.

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri," kata SBY sebagaimana dilihat dari sebuah video yang diunggah di akun instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

Tak hanya itu, SBY pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang telah membantu pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat.

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian perhatian dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat ini," ucap SBY.

Berikut 4 pernyataan SBY terkait kondisinya usai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sampaikan Operasinya Berjalan Lancar

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan langsung kondisinya pasca menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat.

SBY mengatakan bahwa operasi pengangkatan prostat yang didalamnya ada sel kanker berjalan lancar sesuai ekspektasinya dan tim dokter.

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri," kata SBY sebagaimana dilihat dari sebuah video yang diunggah di akun instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

 

3 dari 5 halaman

2. Sampaikan saat Ini dalam Pemulihan

SBY mengaku saat ini dirinya sedang melakukan pemulihan atau recovery pasca operasi besar untuk mengangkat sel kanker di prostat. Dia juga masih rutin menjalani kontrol di Mayo Clinic.

"Sejauh ini, pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya," jelasnya.

Dia menyadari bahwa operasi besar yang dijalaninya dapat berisiko besar karena usianya yang memasuki 72 tahun. Namun, SBY menilai tindakan operasi inilah yang paling tepat untuk kondisinya saat ini.

"Saya sudah mengambil keputusan dan setelah bekonsultasi tentunya dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim Dokter Kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden, serta mantan-mabtan presiden dan wakil presiden, bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat," tutur SBY.

 

4 dari 5 halaman

3. Ucapkan Terima Kasih pada Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin

SBY pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang telah membantu pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat.

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian perhatian dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat ini," ujar SBY.

 

5 dari 5 halaman

4. Ucapkan Terima Kasih pada Megawati Soekarnoputri

Terakhir, SBY mengucapkan terima kasih kepada Presidem kelima RI, Megawati Soekarnoputri atas kepeduluan serta doa untuk kesembuhan kanker prostat yang dialaminya.

"Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia kelima atas perhatian, kepedulian, dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini," jelas SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.