Sukses

Golkar Dukung Masa Pensiun Perwira TNI Diperpanjang

Dave Akbarshah Fikarno mendukung usulan masa pensiun perwira TNI menjadi usia 60 tahun dari 58.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi I DPR yang juga politikus Golkar Dave Akbarshah Fikarno mendukung usulan masa pensiun perwira TNI menjadi usia 60 tahun dari 58.

Dia pun memberi contoh di Amerika Serikat, sejumlah jenderal bintang empatnya ada yang berusia di atas 60 tahun. Dirinya mengklaim rentang umur tersebut, Dave yakin perwira TNI masih kuat fisik dan mental.

"Amerika saja umur 64 atau 65 tahun itu masa dinasnya, makanya jenderal-jenderal bintang 4 nya di atas 60 tahun, makanya secara fisik dan mental itu masih mampu," ujar Dave kepada wartawan, dikutip Selasa (9/11/2021).

Karenanya, dia mendukung bila pemerintah menginginkan perubahan masa pensiun perwira TNI. Dave berharap perubahan itu bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Jadi bila pemerintah ingin mengubah-ubah, entah pasalnya saja yang diubah kita bisa welcome dan semoga itu bisa dilakukan dalam beberapa waktu ke depan," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wacana Diperpanjang

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis menanggapi masa dinas Jenderal TNI Andika Perkasa yang terbilang singkat saat resmi menjabat sebagai Panglima TNI. Menurut dia, bila pemerintah atau pun Andika Perkasa secara pribadi berkehendak, bisa saja masa pensiun perwira tinggi militer diperpanjang dari usia maksimal saat ini yakni 58 tahun.

"Caranya diperpanjang ada dua, pertama secara pribadi dia (Andika), kedua (lewat) Perpres yang memperpanjang seluruh perwira tinggi," kata Abdul saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Abdul mengaku, selama ini beleid TNI memang hendak direvisi, walau hal tersebut belum terlaksana. Sebab menurut politisi PKS ini, hal itu menjadi usulan pemerintah.

"Tapi saya melihat (masa dinas perwira tinggi) diperpanjang, terus terang saja. Tapi saya tidak ngomong pasti diperpanjang atas nama Andika sendiri tapi yang jelas saya punya keyakinan," imbuh Abdul.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Golkar