Sukses

Jaga Protokol Kesehatan, Jokowi Tiba di Tanah Air Tanpa Penyambutan

Jokowi tiba di Indonesia pada Jumat 5 November 2021 setelah melakukan kunjungan ke sejumlah negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Indonesia pada Jumat 5 November 2021 setelah melakukan kunjungan ke sejumlah negara. Kunjungan Jokowi dilakukan sejak 29 Oktober 2021.

Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang delapan jam dari Dubai, Jokowi bersama rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pukul 08.30 WIB.

Kedatangan Jokowi dari luar negeri kali ini tanpa dilakukan penyambutan dari pejabat untuk menjalankan protokol kesehatan setelah pulang dari luar negeri.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan hal tersebut sesuai aturan yang berlaku. Yakni setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri diwajibkan menjalani karantina.

"Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di tanah air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat," kata Heru dalam keterangan pers, Jumat (5/11/2021).

Selain itu, kata Heru, selama menjalani karantina Jokowi akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karantiana Mandiri

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito telah membenarkan bahwa Jokowi akan melaksanakan karantina mandiri.

"Kami, Satuan Tugas Penanganan Covid memberikan diskresi kepada pejabat setingkat menteri ke atas untuk melaksanakan karantina mandiri," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengakhiri lawatan kerja ke luar negerinya selama tujuh hari pada Kamis, 4 November 2021. Jokowi dan rombongan bertolak dari Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia berkode GIA-1 sekitar pukul 21.35 waktu setempat (WS) atau Jumat, 5 November 2021 pukul 00.35 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.