Sukses

Pemprov DKI Jakarta Ingatkan Potensi Gelombang Ketiga Covid-19

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengingatkan masyarakat akan potensi gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengingatkan masyarakat akan potensi gelombang ketiga pandemi Covid-19. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan ini berkaca pada pengalaman sebelumnya.

Menurut dia, potensi lonjakan itu masih berpeluang untuk terulang.

"Kalau gelombang ketiga, keempat atau dan seterusnya kan bisa terjadi karena kita lihat pengalaman sejak Maret 2020 ada up and down. Ada masa di saat lonjakan kasus dan pengetatan juga bisa kembali landai. Kemudian juga ketika orang mulai berinteraksi, lupa protokol dan juga melakukan libur bersama yang membuat kasus melonjak," kata Dwi di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Oleh karena itu, dia mengingatkan supaya masyarakat tetap patuh akan protokol kesehatan dan bersedia untuk divaksin.

"Jadi antisipasi kehadiran gelombang ketiga dan gelombang lainnya harus tetap dijaga dengan cara masyarakat harus diingatkan terus terkait protokol kesehatan dan vaksinasi," ujar Dwi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Dwi mengaku pihaknya juga melakukan pengiriman sampel whole genome sequencing Virus Corona untuk melihat kemungkinan masuknya varian baru.

"Orang-orang harus tetap diingetin harus tetap pakai masker, karena kalau pakai masker kan menghalangi virusnya masuk. Ibarat kita makan, sendok kan nggak bisa masuk di mulut," ujar Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.