Sukses

Megawati Ingin PDIP Terus Menang Pemilu, Demokrat: Bukan dengan Salahgunakan Kekuasaan

Demokrat harap pernyataan Megawati bukan instruksi khusus kepada kader PDIP yang memegang kekuasaan untuk memastikan kemenangan secara terus menerus.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginginkan partai yang dipimpinnya terus menjadi pemenang pemilu.

Menanggapi hal ini, Partai Demokrat berharap PDIP tidak menghalalkan dengan segala cara. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani meminta, menang Pemilu dengan cara yang terhormat, legal, dan demokratis.

"Namun tentunya, untuk memenangkan hati, pikiran dan pilihan rakyat tak boleh menghalalkan segala cara. Haruslah dengan cara-cara yang terhormat, legal dan demokratis. Bukan dengan menyalahgunakan kekuasaan, intimidasi dan manipulasi," ujar Kamhar kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Menurut Kamhar pernyataan Megawati sebagai ketua umum partai sah saja. Karena semua partai juga memiliki harapan dan mimpi yang sama.

Lebih lanjut, Kamhar bilang, komitmen dan kesadaran Pemilu dijalankan dengan cara terhormat, legal dan demokratis harus dipegang seluruh elite partai politik. Masyarakat juga diharap kritis agar tercipta kontrol terhadap potensi penyalahgunaan kekuasaan.

"Komitmen dan kesadaran ini sepatutnya dimiliki dan dipegang teguh seluruh elit-elit politik. Publik dan elemen civil society pun diharapkan semakin kritis agar tercipta kontrol publik atas kekuasaan sehingga mengeliminir segala potensi digunakannya kekuasaan menjadi alat hegemoni untuk pelanggengan kekuasaan partai politik tertentu," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diharapkan Bukan Instruksi

Kamhar pun berharap pernyataan Megawati normatif. Bukan instruksi khusus kepada petugas partai yang memegang kekuasaan untuk memastikan kemenangan secara terus menerus.

"Kami berharap itu menjadi pernyataan normatif, bukan instruksi kepada petugas partai yang sedang memegang kekuasaan agar memastikan kemenangan partai secara terus-menerus," ujarnya.

Diberitakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menargetkan PDI Perjuangan kembali menjadi pemenang Pemilu. Ia juga bersyukur PDIP mendapatkan amanah rakyat dan menjadi dua kali pemenang Pemilu pada 2014 dan 2019.

"Seperti sekarang PDIP itu mudah-mudahan merupakan sebuah partai yang alhamdulillah yang dipercayai oleh rakyat, sudah dua kali untuk menimba kemenangan," ujar Megawati dalam peresmian kantor partai secara daring, Kamis (28/10).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.