Sukses

Jokowi: Target 70 Persen Vaksinasi Penduduk ASEAN Harus Segera Tercapai

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong percepatan dan pemerataan vaksinasi Covid-19 untuk negara-negara Asia Tenggara.

Menurut dia, target 70 persen penduduk ASEAN mendapat vaksin Covid-19 harus segera terealisasi.

"Agenda jangka pendek untuk mempercepat dan memeratakan vaksinasi di semua negara di kawasan harus kita lakukan bersama. Target vaksinasi penduduk ASEAN sebanyak 70 persen harus segera dicapai secepatnya," ujar Jokowi saat berbicara di ASEAN Business and Investment Summit, sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Dia menyampaikan bahwa kesamaan visi, semangat berkolaborasi dan kebersamaan langkah merupakan kunci utama kebangkitan ekonomi ASEAN. Jokowi menilai pemerintah dan pelaku bisnis di ASEAN harus bersinergi membangun protokol krisis kesehatan.

"ASEAN dalam jangka menengah perlu membangun protokol krisis kesehatan agar kawasan ASEAN lebih tahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan," kata Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

Pemulihan Ekonomi Harus Cepat

Selain itu, Jokowi menilai pemulihan ekonomi ASEAN harus dipercepat dengan melakukan reaktivasi perjalanan dan pariwisata yang aman.

Dia menekankan perlunya ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework yang digagas Indonesia segera diterapkan.

Jokowi mendorong pengakuan sertifikat vaksin di ASEAN termasuk interoperabilitas sistem vaksin dapat dilakukan secepatnya. Disisi lain, dia memandang perlunya pengaturan perjalanan untuk masyarakat yang susah divaksinasi.

"Pengaturan travel bagi masyarakat yang telah divaksinasi dan sehat, negatif covid harus dibuat. Vaccinated travel lane di kawasan," ucap Jokowi.

Dia menuturkan bahwa kasus Covid-19 di kawasan ASEAN turun 14 persen, lebih baik daripada rata-rata dunia yang hanya 1 persen. Jokowi pun meyakini ekonomi kawasan ASEAN akan kembali pulih.

Hal ini bisa tercapai apabila semua negara melakukan langkah cepat dalam penanganan kesehatan. Kemudian, melakukan reaktivasi perjalanan yang aman serta akselerasi ekonomi digital yang berkeadilan.

"Kawasan ASEAN bukan hanya akan pulih kembali, tetapi juga bisa melakukan lompatan kemajuan serta tumbuh bersama secara berkeadilan dan berkelanjutan," tutur Jokowi.