Sukses

Jokowi Sebut Kasus Covid-19 Menurun, Kemiskinan Ekstrem Harus Diselesaikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali. Tingkat penularan Covid-19 dan kematian akibat Corona berangsur menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali. Tingkat penularan Covid-19 dan kematian akibat Corona berangsur menurun.

"Kita patut bersyukur penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin baik, kasus aktif semakin menurun, tingkat penularan juga menunjukkan tanda tanda melandai, angka kematian juga berangsur menurun," kata Jokowi saat pidato di acara HUT Golkar lewat video, Sabtu (23/10/2021).

Sejalan dengan membaiknya kondisi kesehatan, kata Jokowi, perekonomian Indonesia juga mulai menggeliat. Ekonomi tumbuh, neraca perdagangan mengalami surplus, dan manufaktur juga semakin membaik.

Dengan begitu, kata Jokowi, banyak agenda-agenda strategis bangsa yang harus dituntaskan. Diantaranya mampu menyelesaikan kemiskinan ekstrem.

"Bagaimana kita mendorong bertumbuhnya lapangan kerja baru, bagaimana kita mampu membuat UMKM kita naik kelas, agar semakin kuat dan tangguh pasca pandemi ini," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelajaran dari Pandemi Covid-19

Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak hal bahwa pentingnya respon cepat dan tepat agar bisa menjangkau, melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa terkecuali.

"Pandemi juga sebuah ujian ketangguhan sistem dan kelembagaan di negara kita, baik kelembagaan pemerintahan, kelembagaan ekonomi maupun kelembagaan politik," ucapnya.

Jokowi menambahkan, pandemi ini menghadapkan dua krisis global dalam waktu bersamaan yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

"Yang untuk mengatasinya di perlukan tindakan tindakan luar biasa, tindakan ekstraordinari. Dalam kondisi seperti ini lembaga eksekutif ditantang dan diuji, lembaga legislatif dan yudikatif juga diuji, semua diuji apakah bisa menghadapi situasi ini dengan baik," pungkasnya. 

Reporter: Genan

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19