Sukses

KPU Targetkan Terbentuk Kader DP3 di 68 Kabupaten/Kota Selama 2021

Arief mengatakan, tugas dari kader DP3 yakni menyosialisasikan kepada masyarakat supaya tahu betul apa itu pemilu dan pentingnya pemilu. Kemudian, mengajak masyarakat agar semakin peduli dengan pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan 68 kabupaten/kota di Indonesia sudah terbentuk kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) pada 2021.

"Sebenarnya kami menargetkan sebanyak 514 kabupaten/kota di Indonesia terbentuk kader-kader DP3. Tapi karena situasinya tidak memungkinkan, jadi kami menargetkan 68 kabupaten/kota," kata Komisoner KPU RI Arief Budiman di acara pengukuhan kader DP3 di Pendopo Kantor Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Rabu (13/10/2021).

Arief mengatakan, tugas dari kader DP3 yakni menyosialisasikan kepada masyarakat supaya tahu betul apa itu pemilu dan pentingnya pemilu. Kemudian, mengajak masyarakat agar semakin peduli dengan pemilu.

"Jadi kalau selama ini tidak terlalu banyak yang peduli serius, ini akan dikembangkan supaya semua peduli. Targetnya adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada tahun 2024," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu, Arief berharap pada 2022 dan 2023, pembentukan kader DP3 terus berkembang, sehingga pada 2024 seluruh kabupaten/kota hingga desa sudah bisa melakukan pelatihan kader DP3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diberi Pembekalan

Nantinya para kader DP3 akan diberikan pembekalan terlebih dahulu sebelum terjun memberikan pendidikan tentang pemilu kepada masyarakat.

"Jadi pembekalan ini menjadikan mereka sebagai pelatih untuk memberi pelatihan kepada masyarakat lebih luas," katanya seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, ditetapkan sebagai salah satu proyek percontohan DP3 tahun 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.