Sukses

Guru Besar IPB soal BRIN: Riset dan Inovasi Kunci Perkembangan Teknologi

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengapresiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diketuai Megawati Soekarnoputri.

Dia menuturkan, Baik BRIN dengan Dewan Pengarahnya bisa bekerja dan memastikan perkembangan riset dan inovasi bagi kemajuan bangsa.

"Riset dan Inovasi adalah kata kunci perkembangan teknologi, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sebuah bangsa," kata Dwi, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, BRIN dan Dewan Pengarahnya akan memastikan mulusnya proses menyatukan berbagai lembaga riset yang selama ini terpisah.

Selama ini, banyak pihak yang menduga bahwa lembaga dan pendanaan riset yang terpisah serta tak terkoordinasi ini menjadi salah satu penyebab lambannya kemajuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

"Diseminasi hasil riset, pemanfaatan hasil riset dan inovasi serta link yang selama ini hilang antara hasil riset dan inovasi dengan pengguna baik kalangan industri/swasta maupun pengguna lainnya, bisa dibangun lebih baik dimasa depan," kata Dwi.

 

2 dari 2 halaman

Dilantik Jokowi

Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri bersama 9 orang lainnya, resmi menduduki jabatan baru yakni Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) usai resmi dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi ditirukan segenap Dewan Pengarah BRIN di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Posisi Megawati sendiri diketahui adalah sebagai ketua dewan pengarah BRIN. Melalui pelantikan hari ini, 10 anggota dewan pengarah BRIN akan masing-masing diberi hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai perundang-undangan.

Sebagai informasi, keputusan presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan di Jakarta pada tanggal 12 Oktober 2021, ditetapkannya Megawati sebagai Dewan Pengarah BRIN termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Peraturan tersebut ditandatangani pada 28 April 2021 dan diundangkan di hari yang sama.