Sukses

1.300 Usaha Mikro di Jakarta Tergabung dalam UMKM usAHA Binaan Airlangga Hartarto

Untuk saat ini, UMKM usAHA Binaan Airlangga Hartarto ada di 28 Kab/Kota di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Spanduk bergambar Airlangga Hartarto terpasang di sejumlah warung dan lokasi usaha UMKM. Pemasangan spanduk tersebut ternyata dilakukan oleh kelompok yang menamakan diri UMKM usAHA.

Koodinator UMKM usAHA, wilayah Kota Jakarta Selatan, Anggi Rizky Febriani, menjelaskan UMKM usAHA adalah kelompok pemberdayaan masyarakat, yang kegiatannya berfokus pada pelatihan pendampingan dan bantuan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Anggi mengatakan, UMKM usAHA pembinanya adalah Airlangga Hartarto.

"Pak Airlangga adalah pembina dari Kelompok UMKM usAHA. Kami minta beliau menjadi Pembina UMKM usAHA, karena kami rasa beliau punya kepedulian yang besar pada UMKM sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional," jelas Anggi kepada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Untuk saat ini, UMKM usAHA baru ada di 28 Kab/Kota di Pulau Jawa. Jumlah anggota komunitasnya sekitar 11 ribuan. Untuk daerah Jakarta Selatan ada 325 UMKM binaan, dan di Jakarta ada 1.305 yang telah bergabung dalam komunitas.

Perempuan 29 tahun itu mengaku, komunitas UMKM usAHA bukanlah program pemerintah, juga bukan program Partai Golkar. Sehingga pemunculan Airlangga di setiap spanduk yang tertera di warung bukan sebagai menteri ataupun ketua partai tapi sebagai pembina dari UMKM usAHA.

"Yaa masa sih kami enggak mau show up, iniloh pembina kita, Bapak Airlangga Hartarto, pembina UMKM usAHA" kan biar masyarakat juga tau siapa sih orang yang care dengan UMKM sampai skala super mikro di masa pandemi gini," ujar Anggi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliki Berbagai Program

UMKM usAHA sendiri menurut Anggi memiliki berbagai program. Selain pelatihan WirausAHA Maju yang sudah dilakukan, ke depan akan ada beberapa program lagi yang akan segera dijalankan di antaranya Program usAHA bantu usaha dan usAHa borong usaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.