Sukses

Lalu Lintas Padat, Polisi Berlakukan One Way di Puncak Bogor

Kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi kondisi lalu lintas kawasan Puncak, Bogor bisa memantaunya melalui akun instagram @tmcpolresbogor.

Liputan6.com, Jakarta - Satlantas Polres Bogor memberlakukan satu arah atau one way dari jalan Puncak menuju Jakarta. Pemberlakuan ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Saat ini sedang one way arah bawah. Dari pukul 11.30 WIB," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata saat dihubungi merdeka.com, Minggu (3/10/2021).

Dia mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi kondisi lalu lintas kawasan Puncak, Bogor bisa memantaunya melalui akun instagram @tmcpolresbogor.

"Untuk info update kami dapat dilihat di TMC Polres Bogor," imbaunya.

Sementara dikutip dari @tmcpolresbogor dilaporkan pemberlakuan one way dilaksanakan sebagai pilihan situasional, ketika dilihat kondisi arus lalu lintas mulai menunjukan kepadatan. 

"Hari Minggu, tanggal 3 Oktober 2021 Jalur Puncak dan Sentul diberlakukan Sistem Ganjil Genap," tulis akun tersebut.

Sementara itu, arus lalu lintas di Puncak Bogor padat dilaporkan padat. Seperti pada unggahan akun instagram @JKTinfo, terlihat penumpukan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil dari kedua sisi ruas jalan pada siang ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Teruskan Ganjil-Genap di Puncak Bogor

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan, rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil-genap akan terus diterapkan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat setiap akhir pekan, sampai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan kebijakan.

"Selama belum ada kebijakan, belum ada peraturan dari sana (Kemenhub), maka kami akan melaksanakan uji coba (ganjil-genap) terus," ujar Harun seperti dikutip Antara, Sabtu (2/10/2021).

Hingga kini Kemenhub masih melakukan kajian dan menerima sejumlah masukan dari stakeholder untuk penanganan kepadatan volume kendaraan di Jalur Puncak secara jangka panjang.

Pelaksanaan uji coba sistem ganjil genap di jalur utama penghubung Bogor-Cianjur itu, kini sudah memasuki pekan kelima. Pada Sabtu pagi, bahkan Polres Bogor mengombinasikan sistem ganjil-genap dengan sistem satu arah menuju Puncak.

Sistem satu arah dari Jakarta menuju Puncak ini merupakan pertama kali dilakukan sejak awal uji coba ganjil-genap. Pasalnya, volume kendaraan pagi tadi terbilang padat, mengingat baru memasuki awal bulan.

Harun menyebutkan, uji coba pemberlakuan sistem ganjil-genap pada akhir pekan ini sama seperti uji coba pada dua kali akhir pekan sebelumnya, yakni mulai Jumat siang hingga Minggu tengah malam.

Jumlah lokasi pemeriksaannya pun masih sama, yakni delapan titik, yaitu Simpang Pasir Angin, Pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Kawasan Sentul.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.