Sukses

Terekam CCTV, Pelaku Seorang Diri Membakar Mimbar Masjid Raya di Makassar

Urip menjelaskan, Satreskrim Polrestabes Makassar telah melakukan olah TKP di Masjid Raya bersama Puslabfor Polda Sulsel.

Liputan6.com, Jakarta - Orang Tidak Dikenal (OTK) melakukan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (25/9) dini hari.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengerangkan, pihaknya telah memeriksa kamera pengawas di sekitar lokasi. Berdasarkan hasil analisis, pelaku berjumlah satu orang datang ke Masjid Raya Makassar pada pada Sabtu 25 September 2021 sekira pukul 01.00 waktu setempat.

"Dari hasil tangkapan CCTV terlihat jelas pelaku tidak menggunakan penutup muka dan melakukan seorang diri," kata dia dalam keterangan, Sabtu (25/9/2021).

Urip menjelaskan, Satreskrim Polrestabes Makassar telah melakukan olah TKP bersama Puslabfor Polda Sulsel. Hasil olah TKP ditemukan mimbar di Masjid Raya dalam keadaan terbakar di bagian belakang namun di bagian depan masih utuh.

Terkait hal ini, Urip mengaku, telah mengantongi ciri-ciri pelaku. Saat ini sedang dilakukan pengejaran oleh anggota Satreskrim Polrestabes Makassar.

"Kita sudah mengidentifikssi terduga pelaku. InsyaAllah dalam waktu yang tidak lama kita bisa ungkap kasus ini," ujar dia.

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Terprovokasi

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana meminta warga agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang beredar usai inisiden pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang terjadi pada Sabtu (25/9/2021) sekitar pukul 01.30 Wita.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya di Kota Makassar untuk tetap tenang dan jangan terpancing serta termakan isu-isu hoaks terkait kasus yang terjadi di Masjid Raya Makassar hari ini," kata Witnu kepada wartawan, Sabtu (25/9/2021) pagi.

Dia pun memastikan bahwa pihaknya kini telah mengantongi identitas pria misterius yang nekat membakar mimbar Masjid Raya Makassar. Hal itu terungkap setelah pihak kepolisian memeriksa sejumlah saksi dan mengecek rekaman CCTV.

"Dari hasil pemeriksaan awal terhadap saksi-saksi yang berada di masjid hari ini, termasuk juga dari hasil tangkapan CCTV di masjid kita sudah bisa mengindentifikasi diduga pelaku," ucapnya.

Witnu pun memastikan bahwa Polrestabes Makassar saat ini tengah memburu pria misterius tersebut. Ia berharap dalam waktu dekat pihaknya akan segera berhasil menangkapnya.

"Saat ini kita melakukan pengejaran terduga pelaku yang diduga melarikan diri, Insya Allah dalam waktu yang tidak begitu lama kami bisa mengungkap kasus ini," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.