Sukses

Jurus Pemkot Jakbar Antisipasi Banjir, Tambah Embung hingga Bangun Pintu Air

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) tengah melakukan pembenahan di sejumlah wilayah rawan banjir jelang musim hujan.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menuturkan, langkah antisipasi banjir ini dilakukan di kawasan Green Garden, Rawa Buaya, Duri Kepa, dan Tegal Alur.

"Kita lakukan beberapa pembenahan di wilayah itu untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan," kata Uus di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Lanjut dia, pembenahan tersebut mulai dari penambahan kolam embung, perbaikan saluran air yang tersumbat, hingga pengadaan pompa air di beberapa titik.

Seperti halnya di wilayah Rawa Buaya yang dalam waktu dekat ini akan dipasangkan pompa air stasioner.

"Tahun 2021 ada penambahan pompa sekitar kawasan Rawa Buaya untuk mengalirkan air antara perkampungan ke kali Mokevart," ucapnya.

Lalu rencananya ada penambahan beberapa embung dan sumur resapan di kawasan Semanan. Kemudian penambahan saluran air dan pengerukan lumpur di beberapa saluran air di wilayah Duri Kepa.

2 dari 2 halaman

Pintu Air untuk Kendalikan Banjir Rob

Uus menambahkan, kawasan Green Garden akan dibangun pintu air untuk mengendalikan banjir akibat naiknya air rob maupun hujan deras.

"Insyaallah pembangunan fisik akan terjadi pada bulan ini. Pembangunan akan berlangsung selama dua tahun," jelas Uus.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat Purwanti Suryandari menyatakan untuk mengantisipasi banjir sebanyak 136 mesin pompa air di wilayahnya dipastikan berfungsi baik.

"Kalau pemeliharaan rutin itu tetap dilakukan operator minimal genset harus dipanasin. Tetap rutin," ucap dia.