Sukses

2 Prajurit TNI Terluka Usai Baku Tembak dengan KKB di Nduga, Papua

Baku tembak terjadi antara prajurit TNI dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mapnduma, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa, 13 Juli 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Baku tembak terjadi antara prajurit TNI dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mapnduma, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa, 13 Juli 2021.

Dua prajurit dari Yonif 751/VJS terluka dalam baku tembak tersebut. Kedua prajurit tersebut adalah Lettu Inf. Sukma mengalami luka di dahi akibat terkena pecahan proyektil peluru. Sementara Praka Hamid luka di pinggul.

"Memang benar ada dua prajurit terluka dalam baku tembak dengan kelompok Egianus," kata Pangdam XVII Cenderawasjh Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/7/2021)​​​​​​.

Kontak senjata terjadi sekitar pukul 11.30 WIT di Pos Mapnduma yang dijaga anggota Yonif 751/VJS yang tergabung dalam satgas pengamanan daerah rawan.

Kedua prajurit yang terluka itu dievakuasi ke Timika pukul 14.30 WIT. "Saat ini masih dirawat di RSUD Timika," kata Mayjen TNI Yogo.

Ia mengungkapkan bahwa baku tembak antara prajurit dan KKB pimpinan Egianus berlangsung sekitar 60 menit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tembaki Petugas

Sebelumnya, pada hari Selasa (6/7/2021) kelompok Egianus juga menembaki anggota yang bertugas di Distrik Yall yang sedang mengamankan kedatangan logistik yang dikirim dengan helikopter.

Akibatnya, kata Pangdam, tiga anggota dari Yonif 310/KK terluka, yakni Praka Sigit mengalami luka tembak di pinggang, Pratu Masmur mengalami luka terserempet peluru di bagian kepala, serta Prada Rudi mengalami luka di bagian bibir atas terkena rekoset.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • KKB

  • Papua